Yasir-Martin Unggul di Pilkada Ketapang

pilkada1Pasangan nomor urut satu calon Bupati dan Wakil Bupati Ketapang periode 2010 – 2015 Yasir Ansyari- Martin Rantan, unggul dengan perolehan 32,7 persen suara di pemilihan kepala daerah kabupaten itu dari hasil penghitungan cepat Komite Pemilih Indonesia.

Koordinator Komite Pemilih Indonesia (TePI) Jeirry Sumampow dalam keterangan pers di Pontianak, Rabu malam, mengatakan penghitungan cepat itu dilakukan berdasarkan metode sampel dengan tingkat kebenaran 99 persen dan margin error 0,5 persen.

Sampel dilakukan di 187 tempat pemungutan suara dari 1.033 TPS atau sebanyak 56,073 ribu pemilih, kata Jeirry.
Data TePI dari empat pasangan calon pada Pilkada Kabupaten Ketapang, yakni calon nomor urut satu Yasir Ansyari- Martin Rantan memperoleh 32,7 persen suara, urut dua Henrikus – Boyman Harun sebanyak 23,8 persen, urut tiga AR Mecer – Jamhuri 20,5 persen suara, dan urut empat Ismed Siswandi – Suhermansyah sebanyak 23 persen suara.

Pasangan calon urut satu unggul di delapan kecamatan dari 20 kecamatan di kabupaten itu, yakni Kecamatan Delta Pawan, Muara Pawan, Matan Hilir Utara, Sungai Laut, Simpang Dua, Nanga Tayap, Benua Kayong, Matan Hilir Selatan, dan Manis Mata.

“Hingga saat ini masih ada tujuh TPS yang datanya belum masuk ke kami, yaitu TPS di Kecamatan Sungai Hulu. Tujuh TPS itu juga mempunyai tingkat partisipasi pemilih terendah,” katanya.

Ia menjelaskan, secara umum tingkat partisipasi pemilih di Kabupaten Ketapang sekitar 72,5 persen, tertinggi di Kecamatan Jelai Hulu. Sementara partisipasi terendah di Kecamatan Sungai Hulu sebesar 48 persen.

“Kami hanya melakukan perhitungan cepat di Kabupaten Ketapang, karena hanya kabupate itu yang siap dilaksanakan penghitungan cepat dari enam daerah yang melaksanakan Pilkada,” ujarnya.

Jeirry menambahkan, hasil penghitungan cepat yang mereka lakukan bukan untuk mencari siapa yang menang. Karena yang berwenang menetapkan siapa yang menang atau kalah Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Ketapang.

Enam kabupaten di Kalbar hari ini melaksanakan pemungutan suara pilkada periode 2010 – 2015. Keenam kabupaten tersebut, Ketapang, Bengkayang, Sintang, Sekadau, Melawi, dan Kapuas Hulu. (sumber: kompas)

Filed Under: Kabar Pilkada

Tags:

About the Author:

RSSComments (2)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.