Umar-Irham unggul di Pilkada Tebing

rekapitulasi suara pilkadaPasangan Umar Zunaidi dan Irham Taufik unggul sementara dalam proses penghitungan suara pemilihan kepala daerah (pilkada) di Kota Tebing Tinggi, Provinsi Sumatera Utara.

Ketua DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Tebing Tinggi Syahbuddin Abduh,  mengatakan, perhitungan yang dilakukan hingga pukul 17.00 WIB menunjukkan, pasangan nomor urut 1 itu memperoleh 27.825 suara atau 43,82 persen.

Pasangan yang didukung PPP, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrat, dan Partai Hanura itu mengungguli empat kandidat lain dengan selisih suara yang cukup signifikan.

Pasangan lain, kata dia, Adi Harianto-Sarabintang Saragih (nomor urut 2) meraih 622 suara (0,9 persen), dan Amril Harahap-Irwandi (nomor urut 3) memperoleh 3.711 (5,8 persen). Sedangkan dua pasangan lain yakni Eddy Syofian-Hafas Fadillah (nomor urut 4) meraih 20.697 suara (32,6 persen) serta Syahril Hafzein-Wan Gunadi (nomor urut 5) dengan 10.629 suara (16,7 persen).

Dari perhitungan yang dilakukan, terdapat 63.484 suara sah yang masuk di berbagai tempat pemungutan suara (TPS). “Sedangkan yang golput mencapai 44,1 persen,” katanya.

Menurut catatan, pilkada Kota Tebing Tinggi pernah digelar pada 12 Mei 2010 yang diikuti lima pasangan calon, yakni Umar Zunaidi-Irham Taufik (nomor urut 1), Adi Harianto-Sarabintang Saragih (nomor urut 2), Amril Harahap-Irwandi (nomor urut 3), M Syafri Chap-Hafas Fadillah (nomor urut 4), dan Syahril Hafzein-Wan Gunadi (nomor urut 5).

Dalam proses penghitungan suara akhir dan sidang pleno pada 15 Mei 2011, KPU menetapkan pasangan M Syafri Chap-Hafaz Fadillah sebagai pemenang sekaligus menjadi wali kota dan wakil wali kota terpilih.

Namun pihak yang merasa keberatan dengan hasil itu mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi, yang kemudian mengeluarkan keputusan dengan Nomor 12/PHPU.D-VIII/2010 berupa perintah pemungutan suara ulang.

MK juga membatalkan pencalonan M Syafri Chap karena dianggap tidak memenuhi persyaratan, sehingga posisinya digantikan mantan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut yang juga mantan Penjabat Wali Kota Tebing Tinggi, Eddy Syofian. (sumber: harian waspada)

Filed Under: Kabar Pilkada

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.