Uji Pesan Kampanye Anda

combined-testing-analysisTerlalu banyak kampanye yang dimulai berdasar asumsi bahwa calon (atau manajer kampanye, atau konsultan media) tahu apa pesan terbaik untuk kampanye, tanpa survey. Tidak ada aktivitas kampanye publik yang dilakukan tanpa melibatkan tes dan re-testing pesan.

Kampanye seperti itu seolah berjalan dalam gelap, hanya meraba-raba, tidak berdasar data yang akurat. Jangan sampai kampanye Anda berjalan atas dasar asumsi semata. Terlalu besar pertaruhannya; dana, sumber daya, dan waktu.

Salah satu tugas pertama yang harus dilakukan dari awal, dalam setiap kampanye, adalah menentukan apa konsentrasi masalah dan pesan-pesan sekitarnya. Dan apa yang menjadi fokus masyarakat setempat. Dengan melakukan jajak pendapat, focus discusion group, dan sumber informasi informal para sukarelawan, Anda dapat dengan tepat memetakan pemilih.

Dengan menggunakan data ini, dan membandingkannya terhadap pandangan kandidat Anda, dan pandangan lawan, selanjutnya dapat ditentukan isu dan pesan yang menjadi fokus untuk digarisbawahi dalam kampanye Anda.

Menguji Pesan
Pengujian, bagaimanapun, tidak harus berhenti pada periode awal kampanye.
Pengujian harus dilakukan secara periodik untuk melihat apakah pesan Anda sudah mengena pada target pemilih Anda.

Tentu saja, setiap kampanye memiliki sumber daya yang berbeda. Beberapa kampanye besar dapat menggunakan perusahaan konsultan profesional untuk melakukan survei dan forum diskusi. kampanye lain akan menggunakan sukarelawan untuk melakukan survei dan forum diskusi.

Masing-masing opsi sama baiknya, tergantung budget anggaran Anda. Yang penting ia memiliki metodologi yang dapat dipertanggungjawabkan. Yang penting segala sesuatunya diuji, dengan parameter tertentu tentunya.

Dapatkan Umpan Balik
Apa aturan (pengujian) tersebut berlaku untuk semua kampanye? Ini berarti bahwa setiap kali Anda mendesain brosur, menulis surat langsung, spot iklan radio atau koran, Anda mengumpulkan sekelompok pemilih untuk meninjau dan mengomentarinya. Ini berarti bahwa setiap pidato diuji di depan sekelompok penasihat terpercaya.

Tentu saja, hanya menguji pesan Anda tidak cukup. Anda perlu mendapatkan umpan balik. Ambil apa yang dapat Anda pelajari dari setiap pengujian dan terapkan. Perbaiki pesan Anda. Review asumsi Anda. Ambil ke jantung komentar dan jika memang perlu, buat perubahan yang diperlukan untuk memastikan bahwa pesan Anda diterima dengan baik oleh calon pemilih.

Filed Under: Campaign Corner

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.