Tips Menyiapkan Strategi Kampanye Politik Untuk Pemilihan Berikutnya

persiapan tpsKandidat cerdas sudah mengambil langkah-langkah untuk mempersiapkan diri untuk siklus pemilihan berikutnya sejak dini. Selain membuat perkenalan, menghadiri pertemuan, calon dapat mulai membangun sebuah organisasi pemenangan dalam pilkada.

Calon bisa mendapatkan kampanye mereka dengan membangun tim kampanye, menulis rencana kampanye, merancang materi kampanye, dan meningkatkan pendanaan dari sekarang.

1. Membangun Tim
Calon hanya sebagai baik sebagai orang baik mereka mengelilingi diri dengan. Ada banyak contoh calon yang terlihat lebih baik dari lawan mereka di atas kertas tetapi kalah karena tim kampanye mereka tidak memiliki keterampilan ditetapkan untuk menang.

Anda bisa memulai membangun sebuah tim pemenang sekarang. Anda akan memerlukan organisasi yang lebih kompleks tetapi setiap kampanye membutuhkan seseorang untuk mengisi peran-peran berikut:

Manajer Kampanye: Di banyak negara, peserta dapat bertindak sebagai manajer kampanye nya sendiri. Namun penting juga untuk menemukan orang lain untuk menjalankan kampanye. Anda membutuhkan seseorang yang mengerti dasar-dasar kampanye dan pemilu. (Silakan klik: 5 Tips Menjadi Manajer Kampanye Politik Yang Hebat).

Bendahara: Pilih bendahara kampanye yang tepat. Kriteria pertama adalah jujur dan dapat bekerja secara transparan. Akan lebih baik jika dia memiliki dasar akuntansi yang baik.

Direktur Lapangan: Seringkali jabatan ini dirangkap oleh manajer kampanye. Tetapi akan lebih baik jika jabatan ini dipegang oleh orang yang berbeda. Direktur lapangan harus bisa mengubah informasi menjadi rencana, dan mengelola relawan kampanye.

2. Rencana Kampanye
Perencanaan memiliki peran yang sangat penting untuk memenangkan sebuah pemilihan. Rencana seharusnya memfasilitasi tindakan yang ditargetkan. Kandidat sebaiknya mempertimbangkan untuk menggunakan timeline atau flowchart dalam merancang perencanaannya.

Elemen yang paling penting untuk memasukkan dalam rencana kampanye adalah:

  • Bidang: Kapan dan dimana akan melakukan kampanye? Bentuk kampanye dari pintu ke bank pintu atau kampanye via telepon?
  • Mendapatkan Suara: Kampanye macam apakah  yang akan dilakukan dalam beberapa hari terakhir menjelang pemilihan?
  • TV, radio, dan surat langsung: Kapan memproduksi dan meluncurkan kampanye lewat media ini? Berapa lama spot TV dan radio terakhir? Kapan pemilih mendapatkan surat kampanye lewat pos?
  • Fundrising: Bagaimana mendapatkan pendanaan? Kapan melakukan penggalangan dana?
  • Liputan Media: Apakah kampanye akan mengeluarkan siaran pers dan konferensi pers? Jika demikian, konferensi pers tersebut tentang apa saja dan kapan hal itu akan terjadi?

Ketika membangun rencana kampanye, mulailah dengan Hari Pemilihan dan bekerja mundur. Ini akan membantu Anda memprioritaskan apa yang paling penting dan apa yang terbaik dalam musim kampanye.

3. Desain Bahan Kampanye
Sementara kampanye harus menunggu untuk mencetak bahan kampanye mereka, kandidat dan tim kampanye mereka dapat mulai merancang:
* Yard signs
* Direct mail
* Literatur lain

Pilih kata-kata yang tepat bagi setiap media prosmosi Anda. Rancang jauh hari sebelumnya, sehingga ketika saatnya tiba, Anda tidak tergesa-gesa dikejar deadline, karena biasanya sesuatu yang dikerjakan secara tergesa-gesa, hasilnya juga tidak maksimal.

4. Fundrising
Pertama, menentukan siapa yang akan memberikan kontribusi pada kampanye Anda. Hal ini biasanya termasuk teman, keluarga, dan rekan dekat.
Tuliskan berapa banyak orang yang menurut Anda dapat berkontribusi secara finansial. Panggil mereka dan meminta mereka untuk kontribusi.
Informasi lebih lanjut mengenai penggalangan dana silakan klik: Bagaimana Melakukan Penggalangan Dana Kampanye.

Filed Under: Campaign Corner

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.