Tidak Dianggarkan, Pilkada Ulang Kabupaten Sumbawa Molor

pilkada_jatimPilkada ulang di 27 TPS di Kabupaten Sumbawa dipastikan molor penyelenggarannya—tidak sesuai dengan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang memerintahkan KPU melaporkan hasil pilkada ulang itu 60 hari sejak keputusan MK dibacakan tanggal 20 September lalu.

Molornya penyelenggaraan pesta demokrasi ulang itu tidak lepas dari putusan DPRD Kabupaten Sumbawa yang tidak mengalokasikan anggaran pilkada ulang dalam APBD Perubahan 2010. Dalam pandangan akhir fraksi disidang paripurna penetapan APBD Perubahan 2010 yang berlangsung, Rabu (22/09), mayoritas fraksi menolak alokasi anggaran pilkada ulang dan baru akan mengalokasikannya lewat APBD murni. Ini artinya, pelaksanaan pilkada ulang itu baru berlangsung 2011 mendatang—melebihi jedah waktu yang diputuskan Mahkamah Konstitusi (MK).

Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, H Parhan Bulkiyah SP yang ditemui Gaung NTB membenarkan biaya pilkada ulang tidak tercantum dalam APBD Perubahan 2010. Putusan ini sambung H Parhan sesuai dengan mayoritas pandangan akhir fraksi dewan yng disampaikan dalam sidang paripurna. ”Ada 6 fraksi yang menolak anggaran pilkada dicantumkan dalam APBD

Perubahan, sementara 2 fraksi lainnya menyatakan setuju,” paparnya.
Sesuai mekanisme dalam pengambilan keputusan sambung Parhan, pihaknya mengakomodir suara terbanyak. ”Putusan ini sudah final yang diambil berdasarkan suara terbanyak di pandangan akhir fraksi,” tandasnya.

Dengan tidak dianggarkan di APBD perubahan maka pilkada ulang baru terselenggara pada tahun depan. Parhan mengatakan penetapan jadwal pilkada bukanlah wewenang legislatif. Dia berharap konfirmasi soal jadwal pilkada ulang itu disampaikan kepada KPU.

Namun ruang untuk tetap pilkada ulang digelar pada tahun 2010 ini lanjutnya masih terbuka melalui penganggaran dari dana sisa pilkada tahap pertama dan tahap kedua yang masih ada di KPU. (sumber: gaung NTB)

Filed Under: Kabar Pilkada

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.