Strategi Kampanye Untuk Pemilihan Multi-Kandidat

Strategi Kampanye Untuk Pemilihan Multi-KandidatMerancang strategi kampanye untuk memenangkan pemilihan dengan multi kandidat bukanlah urusan yang gampang. Yang dimaksud dengan pemilihan multi kandidat di sini adalah pemilihan dengan calon lebih dari dua, dengan demikian Anda menghadapi lawan lebih dari satu.

Mengapa kampanye ini rumit? Pertama, karena sulit untuk menentukan pesan Anda, terutama ketika Anda menghadapi dua atau lebih lawan yang sangat berbeda. Kedua, karena serangan bisa datang dari semua sisi.

Terakhir, karena sumber daya lebih ketat dari biasanya: penggalangan dana, relawan, liputan media dan banyak lagi semua yang tersebar di banyak kandidat, bukan hanya dua.

Berikut adalah dua strategi kampanye untuk memenangkan pemilu multi-kandidat:

1. Kelompokkan Lawan

Banyak kandidat, ketika dihadapkan dengan beberapa lawan, memutuskan untuk menjalin “pertarungan” dengan salah satu dari lawan. Kebanyakan memilih salah satu dari lawan yang paling mungkin untuk “dilawan”, yang memungkinkan dia akan unggul atas lawan tersebut. Dan kemudian bertindak seolah-olah orang itu satu-satunya lawannya.

Strategi ini dapat bekerja, tetapi hanya jika kandidat lain (yang Anda tidak berfokus padanya) tidak begitu kuat. Jika ada banyak kandidat kuat di lapangan, lebih baik untuk menerima tantangan, dan menyusun strategi kampanye Anda dengan semua lawan serius Anda dalam pikiran.

Salah satu cara yang bagus untuk melakukan ini adalah dengan secara generalisasi lawan, atau lakukan grouping. Buat lawan-lawan Anda sebagai sebuah kelompok, sehingga dalam benak pemilih akan muncul Anda versus Kelompok. Taktik ini adalah mengenai bagaimana menyetel ANDA vs MEREKA dalam benak pemilih, dan merancang pesan Anda sekitar proposisi itu.

2. Muncul Lebih Awal

Jika Anda menghadapi pemilihan multi-kandidat, pastikan Anda muncul di publik awal dan memulai kampanye lebih dini. Semakin awal Anda memulai kampanye dan menjadikannya sebagai upaya yang serius, maka akan semakin baik. Ada dua alasan mengapa Anda harus memulai lebih awal:

Pertama, dengan memulai lebih awal, Anda akan dapat mengumpulkan dana, menjaring sukarelawan, dan mendapatkan dukungan. Mereka yang terlambat memulai akan lebih sulit untuk mendapatkan ketiga hal tersebut.

Alasan kedua untuk memulai lebih awal, Anda akan menjadi, dalam istilah ekonomi, pemimpin pasar (market leader). dengan demikian Anda lebih bisa menentukan isu-isu yang pantas untuk diangkat ke permukaan. Dan anda dapat dengan lebih leluasa memainkan isu-isu tersebut. Kandidat yang masuk ke dalam kancah kampanye belakangan akan merasa sulit untuk mengejar dan mengikuti.

Dengan diterapkan secara integral dengan berbagai strategi kampanye lainnya, kedua strategi kampanye tersebut akan menuntun Anda menuju kemenangan melawan multi kandidat.

Filed Under: Campaign Corner

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.