Strategi Kampanye Politik Terbaik untuk Anda

 

Ada banyak pertanyaan tentang “Apa strategi kampanye terbaik politik untuk seorang kandidat?” dan banyak pula jawaban tentang hal tersebut. Memikirkan strategi kampanye politik terbaik untuk setiap pemilihan selalu membutuhkan waktu dan usaha, dan tergantung pada sejumlah faktor yang berbeda.
Jika Anda sedang merencanakan sebuah kampanye politik, dan mencoba mencari strategi terbaik untuk kampanye anda, perhatikan baik-baik faktor-faktor berikut :

  1. Running Open Seat atau Menghadapi Incumbent
    Dalam hal ini Running open seat biasanya lebih mudah. Karena semua lawan merupakan “orang baru”, dimana semua calon sama-sama berangkat dari “titik nol”.
    Lain halnya jika Anda menghadapi incumbent. Biasanya incumbent memiliki tingkat pengenalan (popularitas) lebih dibanding Anda, dan tidak memiliki masalah finansial.
    2. Well Founded, atau Under-Founded
    Strategi kampanye yang terbaik untuk Anda juga harus menjadi strategi realistis. Apakah Anda punya uang untuk digunakan dalam kampanye anda? Jika Anda memiliki kemampuan finansial yang cukup , Anda membayar staf, menyewa konsultan, menyewa web designer profesional, dan memasang iklan di televisi/radio. Jika Anda kekurangan dana, Anda harus mengandalkan sukarelawan, taktik akar rumput, dan materi kampanye underground.
  2. Memetakan Diri atau Calon Anda
    Bagaimana orang melihat Anda atau Calon Anda? Apakah Anda atau Calon Anda memiliki pengalaman dalam politik? Bagaimana dengan bisnis? Apakah Anda atau Calon Anda memiliki pengetahuan khusus atau pengalaman dengan masalah tertentu? Apakah Anda atau Calon Anda memiliki kekuatan di lingkungan tertentu atau demografis?
    Petakan diri Anda atau Calon Anda. Bila perlu, untuk menjaga obyektivitas, sewa orang mengetahui letak kekuatan da kelemahan diri Anda atau Calon Anda.
  3. Kenali Lawan
    Apakah ia juga didanai atau kekurangan dana? Apa latar belakang mereka? Kenali lawan sebaik Anda mengenali diri Anda atau Calon Anda.
  4. Isu Penting Masyarakat
    Isu apa yang merupakan isu penting bagi masyarakat pemilih. Apakah bagi mereka jaminan kesehatan lebih penting dibanding jaminan pendidikan, atau apakah kepastian hukum yang dianggap penting bagi pemilih. Kenali dengan baik isu-isu tersebut, kemudian buat pesan kampanye berdasar isu tersebut. Strategi kampanye terbaik akan menyesuaikan dengan isu-isu dan masalah-masalah terpenting bagi pemilih. Beri apa yang mereka inginkan, agar pada saat pemilihan tiba mereka akan memberi apa yang Anda inginkan
    Dengan bekerja berdasar kelima faktor tersebut, akan lebih mudah dalam menyusun strategi kampanye terbaik.
    Ingat, tidak ada strategi kampanye “tunggal terbaik”. Strategi yang tepat akan berbeda untuk masing-masing kandidat dan untuk setiap pemilihan. Luangkan waktu untuk memikirkan strategi Anda sebelum masuk ke tengah-tengah pertempuran.

Filed Under: Campaign Corner

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.