Strategi Kampanye Jitu Di Masa Rentan

Strategi Kampanye Jitu Di Masa RentanMemasuki kurang dari sebulan dari hari pemilihan, strategi kampanye akan memasuki masa rentan. Dengan hanya beberapa minggu, beberapa hari menjelang hari pemilihan, strategi kampanye Anda harus siap membuat dorongan agar pemilih pergi ke TPS dan memastikan kemenangan untuk Anda. Ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan, tetapi kemenangan bisa menjadi milik Anda. Berikut adalah lima langkah yang dapat Anda ambil sekarang untuk mempersiapkan Hari Pemilihan:

1. Pasang Tim GOTV Anda di Tempat
Get Out The Vote (GOTV), merupakan operasi yang sangat penting untuk menuju kemenangan. Jangan melakukan kesalahan. Tulis rencana Anda secara rinci untuk kegiatan di hari pemilihan. Kumpulkan dan latih tim, susun tujuan dan tenggat waktu. Sebuah rencana yang terorganisir akan dapat menambah sebanyak 2-5% dari total suara.

2. Alokasikan Sumber Daya
Kampanye adalah permainan sumber daya yang terbatas. Anda memerlukan banyak waktu, uang, dan tenaga kerja untuk melakukan semua hal yang perlu Anda lakukan untuk menang. Dengan hanya satu bulan tersisa sampai Hari Pemilihan, bersama staf kunci Anda putuskan berapa banyak sumber daya yang tersisa dan di mana sumber daya yang paling penting. Dengan jumlah satuan uang dan orang-orang dalam kampanye, cari tahu apa yang tersisa untuk dilakukan. Prioritaskan daftar Anda berdasarkan hal-hal yang mutlak diperlukan untuk sukses. Revisi rencana kampanye untuk mengalokasikan sumber daya Anda ke daerah-daerah.

3. Siapkan sebuah Respon
Bahkan seorang kandidat yang bersih sekalipun akan rentan terhadap “serangan” dalam minggu-minggu terakhir kampanye. Lawan yang frustasi, lawan yang nekat dapat melakukan hal yang tidak terduga pada massa-massa itu. Cara terbaik untuk menghadapi “serangan” ini adalah dengan persiapan. Cari tahu bersama tim Anda, apa potensi serangan dari lawan Anda, dan kemudian persiapkan rencana untuk menanggapi masing-masing “serangan” tersebut. Sangat penting bahwa Anda menyimpan sumber daya yang cukup untuk melaksanakan rencana responsif Anda jika lawan Anda memutuskan untuk “menyerang”.

4. Menggalang dana!
Minggu-minggu terakhir penggalangan dana kampanye adalah lahan subur bagi kampanye. Orang akan lebih mudah memberi kontribusi pada minggu-minggu terakhir. Jangan lewatkan kesempatan ini.

5. Memotivasi Tim Anda
Hari-hari terakhir kampanye dapat menjadi hari-hari yang sulit bagi relawan dan staf Anda. Dalam banyak kasus mereka telah bekerja selama berjam-jam selama berbulan-bulan melakukan tugas yang sama berulang-ulang. Dalam rangka untuk menang, anda harus menyuntikkan energi tambahan dan menjaga fokus tim Anda pada minggu-minggu terakhir. Sekarang adalah waktu yang tepat untuk berterima kasih kepada staf dan relawan atas upaya mereka. Jangan terlalu pelit untuk memberi penghargaan atau hadiah kecil bagi mereka. Dan jangan lupa untuk menyuntikkan motivasi dan membakar semangat mereka untuk memenangkan ‘perlombaan”.

Filed Under: Campaign Corner

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.