Strategi dan Taktik Direct Mail

suratKampanye cerdas dilakukan dengan menggunakan Internet, e-mail, media sosial, dan alat teknologi lain untuk menyempaikan pesan kampanye pada pemilih.

Namun disamping itu ada strategi kampanye “kuno” yang sedikit terlupakan, yaitu surat langsung (direct mail). Meskipun kuno, strategi kampanye menggunakan direct mail masih manjur, dan dapat menjadi bagian berharga dari bauran komunikasi kampanye Anda.

Mengapa Direct Mail
Direct mail masih bekerja karena orang masih membaca surat mereka. Sekarang ini sebagian besar surat langsung berisi tagihan dan iklan. Sehingga jika Anda mengirimkan surat yang “lain dari yang biasa mereka terima”, hal ini akan memberi kesan pada mereka.

Alasan lain mengapa strategi kampanye direct mail ini masih efektif, adalah karena sesuai target. Tidak seperti kebanyakan bentuk komunikasi politik (khususnya broadcast seperti TV dan radio). Direct mail hanya dikirimkan kepada orang-orang yang menjadi target kampanye Anda.

Merancang Direct Mail yang Efektif
Hanya karena orang masih memeriksa surat mereka dan masih menikmati menerima surat tidak berarti bahwa mereka menikmati menerima surat politik. Bagi orang tertentu direct mail ini akan dibaca dan dipertimbangkan, namun bagi sebagian besar lainnya, surat politik Anda akan menjadi iklan lain yang biasa mereka terima, yang hanya dilirik dan dibuang.

Karena sebagian besar orang-orang yang menerima surat Anda hanya akan melihatnya dalam perjalanan ke tempat sampah, maka Anda harus merancang surat tersebut dengan baik.

Ketika Anda merencanakan strategi direct mail, perlu diingat bahwa ada beberapa jenis direct mail yang efektif:

  1. Bio Piece – Jenis surat langsung berbicara tentang calon Anda, lebih ke arah biografi kandidat.
  2. Popularitas ID – Serupa dengan bio piece, tujuan dari bagian ini adalah semata-mata untuk meningkatkan ID nama calon. Dan dengan demikian, itu berbicara tentang kandidat, tapi tidak seperti bio piece, biasanya popularitas ID ini hanya menampilkan sedikit mengenai latar belakang, dan sedikit tambahan mencakup informasi mengenai isu tertentu yang menjadi concern kandidat.
  3. Edisional – Jenis surat langsung ini berfokus pada pandangan kandidat pada isu tertentu.
  4. Perbandingan – Surat langsung ini merupakan salah satu jenis surat yang paling efektif, dan menyajikan perbandingan antara calon Anda dan lawan Anda.
  5. Surat Negatif – Jenis surat langsung berbicara tentang mengapa lawan Anda tidak memenuhi syarat. Anda harus hati-hati jika memutuskan untuk membuat jenis surat ini karena jika Anda terlihat menjelek-jelekkan orang lain, hal itu justru bisa jadi bumerang bagi Anda.
  6. Pengesahan /Penekanan– Jenis surat langsung ini dikirim dengan mengutip pemberitaan positif mengenai kandidat. Sehingga ini hanya merupakan kutipan berita dari surat kabar atau media tertentu.

Rancanglah surat politik Anda dengan baik, jadikan direct mail sebagai salah satu bagian dari strategi kampanye Anda.

Filed Under: Campaign Corner

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.