Siap, Bidik, Tembak Target

bidik targetKunci pertama strategi kampanye yang sukses adalah TARGET. Penargetan adalah proses memilih sasaran, orang-orang yang menjadi sasaran komunikasi politik Anda, orang-orang yang nantinya bisa jadi memilih Anda.

Pertanyaan selanjutnya: Apa yang dimaksud dengan sasaran komunikasi? Bukankah kita harus berkomunikasi dengan semua orang untuk mendulang suara sebanyak mungkin?

Anda tentu tidak ingin menghabiskan uang dengan berkomunikasi dengan orang yang tidak mungkin memilih Anda. Orang yang berada diluar daerah pemilihan Anda, Orang yang tidak terdaftar sebagai pemilih.
Atau mereka yang berada di pihak lawan politik yang tidak mungkin memilih Anda.

Kita tahu, biaya kampanye mahal. Semua program kampanye, mulai memasang atribut kampanye sampai kampanye door to door, semuanya butuh dana yang tidak sedikit. Adalah tidak bijak jika Anda membuang-buang anggaran untuk sebuah program kampanye yang tidak tepat sasaran.

Karenanya Anda harus memilih target sasaran yang spesifik. Pertimbangkan geografi, demografi, psikografi, dan jangan lupa untuk meneliti peta politik lokal. Keputusan yang sebenarnya datang ketika Anda memutuskan yang mana dari pemilih yang dapat memilih Anda, itulah pemilih yang menjadi prioritas untuk ditargetkan.

Keputusan penargetan yang Anda buat akan mempengaruhi semua aspek strategi kampanye Anda.

Bila Anda siap untuk mengirimkan direct mail, Anda akan menggunakan penargetan untuk menentukan daerah/pemukiman mana yang akan mendapat surat tersebut. Penargetan Anda akan menentukan di mana acara perlu diadakan, dan bentuk acara apa yang tepat. Penargetan akan menuntun Anda ke mana harus pergi untuk kampanye dari pintu ke pintu. Singkatnya, penargetan memberikan arah untuk strategi kampanye Anda.

Filed Under: Campaign Corner

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.