SIAK Bendung Tingkat Kecurangan

kartu tanda pendudukPemberlakukan Sistim Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) untuk memudahkan pemerintah mendeteksi serta membendung tingkat kecurangan dan penyalagunaan data kependudukan.

Kepala Dinas Catatan Sispil dan Kependudukan Kota Kupang, Drs. Jerhans A. Ledoh menjelaskan, SIAK adalah program nasional dimana setiap kabupaten/kota di seluruh Indonesia menerapkannya.

Di Kota Kupang, pemberlakuan SIAK dimulai tanggal 1 Mei 2010. Pembuatan KTP dengan sistim manual sudah dialihkan kepada KTP berbasis SIAK. Perbedaannya, KTP berbasis SIAK sudah dicantumkan logo propinsi dan kota, sedangkan KTP manual masih bersifat umum.

“Dengan KTP berbasis SIAK sangat membantu untuk mengidentifikasi orang,” jelas Ledoh.

Menurut Ledoh, peralihan dari KTP berbasis sistem kependudukan (Simduk) ke KTP berbasis SIAK membutuhkan proses yang lama karena memerlukan data base setiap individu.

“Program SIAK tidak hanya mencetak KTP dan kartu keluarga, tetapi setiap warga dimenes untuk memiliki data identitasnya secara lengkap. Kalau tiba-tiba seseorang celaka dan tidak dikenal, maka dengan sistem ini bisa membantu mengetahui identitasnya,” kata Ledoh.

Menurut Ledoh, pada tahun 2011, semua kabupaten yang telah memiliki KTP akan menuju kepada KTP elektronik (on line) berbasis SIAK. KTP elektronik memiliki rekaman elektronik dan sidik jari. Dengan sistem ini, akan membatasi setiap orang untuk membuat KTP ganda. Di Kota Kupang, penerapan KTP elektronik sudah disosialisasikan di empat kecamatan dan kelurahan.

“Dalam sosialisasi sudah dijelaskan, setiap orang yang lahir pada tahun ganjil latar belakang fotonya berwarna merah, dan yang lahir tahun genap latar belakang fotonya warna biru. Dan, pada KTP dicantumkan identitas pekerjaan dan status pemilik KTP,” jelas Ledoh.

Menurut Ledoh, masyarakat yang mengurus KTP biayanya masih mengacu pada Perda Nomor 9 Tahun 2006 tentang Retribusi Pengganti Biaya Cetak KTP dan KK. Biaya untuk KTP dan KK baru Rp 25 ribu, sedangkan perpanjangan KTP dan KK tidak dipungut biaya. (sumber: pos kupang)

Filed Under: Indonesia Timur

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.