Setelah Hari Pemilihan

Setelah kampanye apapun, para relawan serta staf kampanye cenderung tidur panjang untuk pertama kalinya setelah dalam beberapa minggu bahkan berbulan-bulan di sibukkan dengan kegiatan kampanye. Untuk itu perlu adanya sesuatu yang membuat semua berakhir dengan baik (menang ataupun kalah)
Hal yang perlu dicatat bahwa orang-orang tidak ingin melihat baliho atau spanduk kampanye anda sepanjang tahun. Pastikan semua baliho, spanduk “dibersihkan” dengan cepat dan benar setelah pemilu. Terima semua orang yang telah membantu Anda dalam kampanye. Semakin awal Anda melakukan ini, semakin baik. Anda sudah bisa mulai pada hari pemilu sebelum hasil diumumkan. Hal yang paling penting adalah manager kampanye atau kandidat secara langsung menghubungi semua relawan dan mengucapkan terima kasih atas pekerjaan mereka serta menandai akhir kampanye anda. Dengan memberikan penghargaankepada mereka akan cukup besar dampaknya buat kampanye anda selanjutnya.
Jangan lupa juga mengucapkan terima kasih kepada pemberi sumbangan, kirimkan mereka sebuah surat yang menjelaskan bagaimana Anda atau partai Anda menganalisis hasil pemilu, seperti apa rencana Anda miliki sekarang, dan bagaimana mereka dapat berkontribusi pada keberhasilan lebih lanjut? Mereka akan merasa dihargai dan tidak hanya digunakan sebagai sumber uang
Jika anda kalah, jangan lupa untuk mengucapkan selamat kepada lawan! Hanya pecundang yang buruk menyalahkan tindakan lawan mereka dan tim kampanye mereka sendiri dan relawan atas kekalahan mereka. Tunjukkan bahwa Anda mampu menghadapinya.

Mengevaluasi kampanye

Untuk mengevaluasi kampanye sendiri, tidaklah harus dijalankan setelah kampanye tapi dari awal: ia harus selalu menjadi evaluasi formatif. Ini adalah salah satu tugas banyak manajer kampanye atau Sekretaris Jenderal partai. Untuk mengevaluasi kampanye, Anda perlu mengetahui tujuan yang ditetapkan di awal. Strategi tertulis dari kampanye adalah dokumen dasar untuk evaluasi.
Evaluasi formatif adalah suatu proses umpan balik yang sedang berlangsung terhadap kinerja. Sudah pada tonggak tertentu selama kampanye (misalnya setelah memilih para calon, setelah memutuskan program, setelah peluncuran kampanye) sangat berguna untuk membahas antara tim kampanye yang target telah dipenuhi dan apa yang telah benar dan salah sehingga jauh. Yang lebih tepat sasaran, semakin baik dan akan lebih mudah untuk mengontrol dan mengevaluasi kampanye. Dalam kampanye yang lebih besar, sebuah ‘evaluasi manajer dapat mendukung manajer kampanye atau Sekretaris Jenderal dalam proses ini dan memastikan bahwa catatan diambil selama semua diskusi evaluasi.
Evaluasi sumatif setelah kampanye mencoba untuk mengidentifikasi pola dan tren yang lebih besar dalam kinerja – dan untuk menilai ini terhadap target yang ditetapkan di awal. Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah workshop setengah hari difasilitasi. Para peserta (tidak lebih dari 40-50) harus mencakup staf kampanye utama, beberapa anggota Dewan dan dari tingkat regional dan lokal, beberapa relawan (dari kampanye online dan offline), 1-2 jurnalis bersimpati, seseorang dari PR terlibat (jika dipercaya) lembaga – dan seseorang untuk membuat catatan. Mungkin setelah seseorang peserta akan ingin duduk dan menulis artikel untuk jurnal anggota partai ‘di mana dia atau dia merefleksikan kampanye dalam hal apapun serta mendistribusikannya di antara para peserta dan menjaga tim anda. Ini akan menjadi dokumen yang berharga untuk kampanye berikutnya

Filed Under: Campaign Corner

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.