SBY Anggap Pilkada Revolusi Sunyi

susilo bambang yudhoyonoPresiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menilai proses Pilkada Langsung telah mengantarkan rakyat sebagai pihak yang berdaulat. Meski dempat ada gejolak pada awal-awal pelaksanaannya, namun Pilkada langsung telah mengubah praktik demokrasi di negeri ini.

Saat menyampaikan Pidato Kenegaraan pada sidang paripurna bersama DPR dan DPD RI di Komplek Parlemen, Senin (16/8), SBY menyatakan, dengan Pilkada langsung maka Gubernur, Bupati dan Walikota di Indonesia telah dipilih sendiri oleh rakyat. Menurutnya, dengan Pilkada peta politik telah berubah secara fundamental.

“Pelaksanaan demokrasi langsung ini mengubah banyak hal. Kini, rakyatlah yang berdaulat. Bukan lagi sekelompok orang yang mengatasnamakan rakyat,” ujar SBY.

Yang menakjubkan, lanjutnya, proses politik yang sangat rumit terkait penyelenggaraan Pilkada itu berlangsung dalam waktu relatif singkat dan tanpa menimbulkan gejolak atau guncangan sosial yang serius, kecuali pada periode awal. Ditegaskannya, proses itu tanpa disadari telah mengubah praktik demokrasi di Indonesia.

“Kini Indonesia dikenal sebagai negeri demokrasi terbesar ketiga setelah India dan Amerika Serikat. Tidak mengejutkan bila ada yang mengatakan bahwa ini sesungguhnya adalah revolusi diam-diam, atau the quiet revolution,” pungkasnya. (sumber: JPNN)

Filed Under: Kabar Pilkada

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.