Saudagar Bugis-Makassar Kumpul Lagi

Saudagar Bugis-MakassarSekitar 600 saudagar perantau asal Sulawesi Selatan akan bertemu kembali dalam acara Pertemuan Saudagar Bugis-Makassar ke-12 pada hari Kamis-Jumat atau 16-17 September di Makassar. Mereka adalah perantau asal Sulawesi Selatan yang telah bermukim di berbagai daerah di seluruh Nusantara, bahkan di luar negeri, seperti Malaysia, Australia, dan negara Timur Tengah.

Menurut Ketua Panitia PSBM Solihin Jusuf Kalla, pertemuan kali ini akan diisi dengan ceramah mantan Wakil Presiden RI, M Jusuf Kalla, pada hari pertama. Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo akan memaparkan perkembangan, situasi, dan kondisi terkini Sulawesi Selatan dari berbagai aspek kehidupan.

Dijadwalkan pula, Menteri Urusan Koperasi dan UKM Syarifuddin Hasan tampil berceramah mengenai arah kebijakan pembangunan koperasi, usaha kecil, dan menengah.

Pada hari pertama itu pula, menurut Solihin, satu paket diskusi akan digelar. Diskusi tersebut yang dibagi ke dalam tiga kelompok diskusi, yakni kelompok yang membahas masalah transportasi dan industri, perdagangan dan jasa, serta kebudayaan.

Hari kedua, ada acara halalbihalal di Pantai Losari yang didahului dengan festival makanan khas daerah setempat pada sore harinya. Pertemuan kali ini merupakan pertemuan kali ke-12 sejak digagas kali pertama oleh tiga tokoh pengusaha Sulawesi Selatan, yakni Jusuf Kalla, Aksa Mahmud, dan Alwi Hamu.

Tercatat, sejumlah menteri pernah tampil berceramah dalam pertemuan-pertemuan sebelumnya, termasuk Nadjib Razak, yang waktu itu masih menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri Malaysia. (sumber: kompas)

Filed Under: Indonesia Timur

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.