Satgas: Putusan Praperadilan Akan Ganggu Kinerja KPK

anggodo-wijoyoAnggota Satuan Tugas Pemberantasan Mafia Hukum, Mas Achmad Santosa, mengakui kalau putusan sidang praperadilan yang mengabulkan gugatan atas Surat Ketetapan Penghentian Penuntutan terhadap Bibit Samad Riyanto dan Chandra M. Hamzah akan mengganggu kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi. “Putusan itu berpotensi melemahkan KPK,” kata Mas Achmad di Kampus Universitas Indonesia, Salemba, Rabu (21/4).

Menurut Mas Achmad, proses pengadilan sedikit banyak akan menguras konsentrasi Bibit-Chandra sebagai pimpinan KPK. “Implikasinya besar karena KPK loadnya sedang banyak, bebannya sedang banyak, dan karena itu perlu soliditas (internal),” kata dia.

Lebih jauh pria yang lebih biasa disapa Ota itu mendukung langkah yang akan diambil Komisi Yudisial untuk memeriksa produk putusan yang memenangkan Anggodo Widjojo itu. Putusan dikeluarkan majelis hakim tunggal Nugroho Setiadji di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin lalu. “Kalau KY mau melakukan eksaminasi itu merupakan gagasan yang bagus,” kata Ota.

Memang belum tentu ada judicial corruption disana, “Tapi bisa jadi ada unsur unprofessional conduct yang terjadi,” kata Ota lagi. (sumber: tempointeaktif)

Filed Under: Nasional

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.