Sani-Soerya Menangi Pemilukada Kepri

pemungutan suara pilkadaPasangan calon gubernur dan wakil gubernur Muhammad Sani – Soerya Respationo memenangi pemilihan umum kepala daerah Provinsi Kepulauan Riau.

Hal ini dipastikan setelah Komisi Pemilihan Umum Kepulauan Riau menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perolehan suara tingkat provinsi di Kota Tanjung Pinang, Rabu (9/6/2010).

Mengacu hasil rekapitulasi, pasangan dengan partai pengusung utama Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan tersebut meraih suara terbanyak, yakni 231.951 suara atau 37,3 persen dari suara sah. Sementara dua kandidat lainnya, Nyat Kadir – Zulbahri memperoleh 195.847 suara atau 31,49 persen dan Aida Zulaika Ismeth – Eddy Wijaya mendapatkan 194.049 suara atau 31,21 persen.

“Berdasarkan Peraturan KPU, ketika seluruh kandidat meraih suara di atas 30 persen plus 1, maka suara terbanyaklah yang ditetapkan sebagai calon terpilih,” kata Ketua KPU Kepulauan Riau Den Yealta.

Ketua Panitia Pengawas Pilkada Kepri Edward Mandala menyatakan, hasil rekapitulasi diterima dan sah. Ada sejumlah catatan untuk rekapitulasi Kota Batam dan Kabupaten Linggga, tetapi hal itu tidak berpengaruh pada perolehan suara.

Dari ketiga saksi yang hadir, dua di antaranya mewakili Nyat – Zulbahri dan Aida – Eddy menolak menendatangani berita acara. Mereka menilai ada kecurangan dalam pilkada. (sumber: kompas)

Filed Under: Kabar Pilkada

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.