PPP Usul Pilkada Hanya di Tingkat Provinsi

pilkada1Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengusulkan pemilihan kepala daerah di tingkat kabupaten/kota tidak lagi ditetapkan berdasarkan suara terbanyak dari hasil pemilihan secara langsung guna menghindari dampak negatif yang saat ini telah dirasakan.

Ketua Umum PPP Suryadharma Ali mengatakan pihaknya mengusulkan pilkada secara langsung hanya diperuntukkan bagi pemimpin daerah di tingkat provinsi, sedangkan di tingkat kabupaten/kota kembali diserahkan pada DPRD.

“Apakah tidak sebaiknya otonomi daerah ke depan diletakkan di tingkat provinsi. Jika kita sepakat, pemilihan kepala daerah di tingkat provinsi bisa tetap dipertahankan melalui pemilihan langsung, sedangkan di tingkat kabupaten/kota hendaknya pemilihan dikembalikan pada DPRD,” kata Suryadharma dalam pembukaan Muktamar VII di Sasana Budaya Ganesha, Bandung, kearin sore.

PPP mencatat sepanjang dilakukan reformasi sebanyak 202 daerah otonom baru terbentuk, yang di antaranya ternyata  memiliki ketergantungan sangat tinggi dalam  pembiayaan pembangunannya kepada pemerintah pusat.

Menurut dia, otonomi di tingkat kabupetan/kota juga tidak  jarang menimbulkan persoalan koordinasi di tingkat provinsi, menimbulkan biaya politik mahal, pembiayaan kampanye tinggi, dan ekses perbedaan dukungan seringkali terjadi berkepanjangan.

“Ini bukan kemunduran demokrasi. Ini jalan yang dibutuhkan untuk membuat sebagain kepala daerah tidak sibuk mencari kembalian atas apa yang secara politik telah mereka investasikan yang seringkali menimbulkan persoalan hukum yang tak berkesudahan,” kata Suryadharma.

Filed Under: Kabar Pilkada

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.