Potensi Migas Pulau Rote Siap Dieksplor

Pulau RotePotensi minyak dan gas di sekitar Pulau Rote, Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur, segera dieksplorasi oleh sebuah perusahaan asing untuk mengetahui apakah layak untuk operasi produksi atau tidak.

Bupati Kabupaten Rote Ndao Lens Haning yang dikonfirmasi di Kupang, Senin (14/6/2010) membenarkan rencana eksplorasi tersebut, namun karena persoalan izin penambangan minyak dan gas (Migas) menjadi kewenangan pemerintah pusat, sehingga Haning mengaku tak tahu nama perusahaan yang melakukan eksplorasi.

Dia mengatakan, apakah kegiatan eksplorasi atau pun sudah dilanjutkan ke tahap operasi produksi atau eksploitasi, gudang logistik harus dibangun di Pulau Rote, agar masyarakat bisa memperoleh manfaat dari kegiatan tersebut, misalnya, menjual barang-barang kebutuhan untuk para pekerja atau juga bisa ada tenaga kerja lokal.

Bupati Haning menegaskan, gudang logistik di Rote wajib dibangun, agar daerah bisa menikmati kue dari proyek migas.

Informasi yang diperoleh dari anggota DPRD Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Somy Pandie yang juga berasal dari Rote Ndao menyebutkan, di dekat Pulau Rote terdapat dua potensi ladang minyak yang akan dieksplorasi.

Salah satu potensi ladang, terletak tidak jauh di Pulau Rote sehingga disebut Blok Rote dan satu potensi ladang lainnya semakin mendekat ke Pulau Sabu di Kabupaten Sabu Raijua sehingga disebut Blok Sabu.

Sebelumnya, Wakil Gubernur NTT, Eshton L Foenay mengatakan, sebuah perusahaan dari Italia Eni West Timor juga tengah melakukan eksplorasi di Pantai Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).

Perusahaan Italia tersebut memenangkan tender untuk eksplorasi, sebelum memasuki tahap operasi produksi.

Potensi migas di TTS itu, diperkirakan hanya beberapa puluh meter dari garis pantai dengan wilayah cakupan eksplorasi mencapai 20 mil ke lepas pantai Laut Timor dan memanjang di sepanjang garis pantai Kolbano, Amanuban Selatan dan Boking.

Dalam peta potensi migas yang dirilis Dinas Pertambangan dan Energi NTT, wilayah yang bakal terkenal dampak operasi produksi juga layak, meliputi 141 desa di 18 kecamatan di TTS dan Kabupaten Kupang. (sumber: kompas)

Filed Under: Indonesia Timur

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.