Polda ajukan dana pengamanan Pilkada

polisiKapolda Aceh, Irjen Iskandar Hasan, mengatakan pihaknya telah mengajukan dana pengamanan Pilkada 2011 kepada Pemerintah Aceh.

“Kami sudah mengajukan dana pengamanan pilkada kepada Pemerintah Aceh, namun saya tidak ingat berapa jumlahnya,” katanya, malam ini.

Pilkada gubernur dan wakil direncanakan digelar akhir 2011. Selain itu juga digelar serentak pemilihan bupati/wali kota dan wakil di 17 dari 23 kabupaten/kota di Provinsi Aceh.

Menurut Kapolda, dana pengamanan pilkada tersebut tidak dialokasikan dalam Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) kepolisian, sehingga Polda Aceh mengajukannya kepada pemerintah daerah.

Dikatakan, dana yang diajukan tersebut nantinya akan dibahas antara Polda dan Polres dengan Pemerintah Aceh serta pemerintah kabupaten/kota, sehingga dana pengamanannya tidak tumpang tindih.

“Artinya, dana pengamanan untuk Polda Aceh dan mana pula untuk Polres di 23 kabupaten/kota. Sebab, pilkada digelar serentak, tidak hanya gubernur, tetapi juga bupati/wali kota di 17 kabupaten/kota,” katanya.

Dikatakan, dana yang diusulkan tersebut akan dilihat kembali, sehingga ada pemisahan antara dana pengamanan yang dibiayai pemerintah provinsi dengan pemerintah kabupaten/kota.

“Saya tidak ingin dana pengamanan pilkada ini terjadi tumpang tindih. Kalau tumpang tindih dan diaudit oleh BPK kami akan disalahkan. Masalah dana pengamanan ini akan diatur lebih detail,” sebutnya.

Menyangkut kondisi jelang Pilkada, Kapolda mengatakan sejauh ini keamanan masih cukup terjaga. Kendati begitu, masih ada kejahatan bersenjata api di beberapa wilayah di Aceh.

“Memang ada indikasi kejahatan bersenjata api, tetapi beberapa pelakunya sudah ditangkap. Polda Aceh turut mendukung personel Polres mengusut kejahatan tersebut,” katanya.

Disebutkan, Polda Aceh tidak menempatkan pasukan khusus yang akan mengamankan titik-titik rawan. Pengaman diserahkan kepada Polres setempat dan Polda Aceh siap memberikan dukungan jika diminta.

“Kita lihat juga ancaman di masing-masing wilayah. Kalau memang diperlukan, Polda siap mengirim personel. Mudah-mudahan situasi keamanan menjelang pesta demokrasi di Aceh semakin kondusif,” kata Iskandar Hasan. (sumber: waspada)

Filed Under: Kabar Pilkada

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.