PNS di KPU Mesti Ditata Ulang

tempel-pengumuman-cpnsKeberadaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam struktur organisasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) mesti ditata ulang. Selama ini, sejumlah PNS yang sebelumnya diketahui bertugas dalam instansi pemerintahan daerah, bekerja pula di KPU.

Dosen Fakultas Hukum Universitas Andalas, Padang, Charles Simabura menyebutkan hal itu dalam diskusi soal kemandirian KPU dan Pengawas Pemilu dan Arah Revisi UU No 22/2007 tentang penyelenggara pemilu di Kantor AJI Padang, Jumat (9/7/2010).

“Harus ada penataan struktur pegawai di KPU. Jangan sampai PNS seperti berdiri di atas dua kaki, satu statusnya ada di Pemda dan satu lagi sebagai (pegawai) KPU,” ujar Charles.

Sementara itu, Veri Junaidi, Peneliti Konsorsium Reformasi Hukum Nasional menguraikan sejumlah hal yang menjadi perhatian dalam proses revisi UU Nomor 22/2007.

Di antaranya ialah mengenai keanggotaan KPU dan Bawaslu, rekrutmen anggota KPU dan Bawaslu, dewan kehormatan penyelenggara pemilu, pengawas pemilu, kesekretariatan KPU dan Bawaslu, anggaran, dan pemangkasan masa jabatan KPU. (sumber: kompas)

Filed Under: Kabar Pilkada

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.