PLTU Bolok Beroperasi 2011

PLTUPembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) berkekuatan 2×16,5 mega watt di Bolok, Kupang, Nusa Tenggara Timur, diharapkan sudah bisa beroperasi paling lambat Juli 2011.

Pembangunan PLTU Bolok saat ini sudah memasuki tahap konstruksi sehingga dalam 12 bulan ke depan sudah bisa selesai, kata pelaksana tugas Manajer PLTU 2 Nusa Tenggara Timur Leonard Simatupang di Kupang, Senin (10/5/2010).

“Kalau soal kapan beroperasinya PLTU Bolok, kami yakin pada Juli 2011, unit pertama sudah bisa beroperasi dan dua bulan kemudian satu unit lainnya,” kata Simatupang.

Dengan demikian, paling lambat akhir 2011, tidak ada lagi pemadaman bergilir seperti yang terjadi selama ini karena PLTU Bolok sudah bisa mensuplay listrik ke dalam Kota Kupang karena dua unit PLTU itu sudah bisa masuk sistim.

Dia menambahkan, PLTU Bolok juga bisa mensuplay listrik ke seluruh Pulau Timor yakni Kabupaten Kupang, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara dan Kabupaten Belu di wilayah yang berbatasan dengan negara Timor Leste.

Suplay listrik ini bisa dilakukan secara bersamaan pada 2011 nanti jika pembangunan transmisi yang menghubungkan daerah-daerah di Pulau Timor ini sudah bisa selesai paling lambat tahun 2011 juga.

“Kalau soal kemampuan mensuplay, bisa untuk seluruh Pulau Timor, tetapi tergantung pembangunan transmisi. Pembangunan transmisi ini dilakukan oleh perusahan lain yang ditunjuk PT Persero PLN,” katanya.

Simatupang mengatakan, hal yang paling penting adalah kehadiran PLTU Bolok ini diharapkan mampu memberikan dampak ekonomi yang luas bagi masyarakat di NTT khususnya di seluruh Pulau Timor.

Usaha-usaha ekonomi kecil masyarakat yang selama ini terganggu karena masalah listrik sudah bisa teratasi disamping keengganan para investor untuk menanamkan modalnya di provinsi kepulauan itu karena terbentur listrik juga sudah bisa terjawab.  “Kita harapkan para investor sudah bisa melirik NTT untuk melakukan investasi,” katanya.

Gubernur NTT Frans Lebu Raya secara terpisah menyambut gembira kehadiran PLTU Bolok yang dibangun di sekitar Kawasan Industri Bolok (KIB) karena mampu menjawab kebutuhan listrik bagi para investor yang berkinginan untuk menanamkan modalnya di daerah ini.

Ia berharap para investor tidak perlu ragu-ragu lagi datang ke NTT karena ada banyak hal yang dimiliki daerah ini yang sangat menjanjikan. (sumber: pos kupang)

Filed Under: Indonesia Timur

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.