Plan the Work, Work the Plan

Business Graphs and ChartsSebuah rencana penggalangan dana sangat penting untuk keberhasilan setiap kampanye, bahkan kampanye yang paling lokal sekalipun. Uang adalah ASI (air susu ibu) politik. Setiap kandidat tahu bahwa penggalangan dana adalah penting, sangat penting.

Kampanye perlu uang untuk beroperasi, tetapi untuk mendapatkan kontribusi dari orang-orang untuk mendanai kegiatan kampanye, kerja nyata perlu dilakukan. Penggalangan dana yang berhasil membutuhkan waktu untuk perencanaan dan pelaksanaan rencana penggalangan dana tersebut. Calon pemenang menyadari bahwa untuk menang kandidat membutuhkan minimal 50% dari waktunya untuk penggalangan dana.

Mengapa Rencana?

Secara mayoritas, calon paling tidak suka dengan penggalangan dana. Mereka sering merasa tidak nyaman untuk meminta uang. Dan mereka juga tidak yakin bahwa melakukan penggalangan dana merupakan hal paling penting yang mereka lakukan dengan waktu mereka. Kampanye seringkali hanya diasosiasikan dengan pidato, pemasangan atribut kampanye, kampanye door to door, dan beberapa aktifitas yang jelas terlihat “berbau” kampanye. Padahal labih dari itu, mereka seharusnya menghabiskan sebagian besar waktunya untuk melakukan penggalangan dana.

Komponen paling penting dari keberhasilan penggalangan dana kampanye adalah rencana penggalangan dana. Meskipun tampak sederhana penggalangan dana – Anda hanya meminta uang, kan? – Pemenang kampanye memiliki rencana penggalangan dana dan memperhitungkan strategi kampanye dan anggaran secara keseluruhan.

Para kandidat dan kampanye ini (kita asumsikan) duduk dan memetakan apa yang harus mereka lakukan untuk menang. Sekarang, mereka harus duduk dan mencari tahu bagaimana mereka merencanakan untuk mengumpulkan uang untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang akan menempatkan rencana kampanye ke dalam praktek.

Sementara rencana penggalangan dana akan bervariasi berdasarkan pada strategi kampanye, beberapa komponen yang merupakan kunci untuk setiap rencana, di setiap “perlombaan” kampanye:

1. Komite Keuangan

Nama “Komite Keuangan” bisa menipu. Komite ini tidak benar-benar bertanggung jawab untuk mengeksekusi rencana penggalangan dana. Tugas penggalangan dana justru jatuh di pundak manajer kampanye, staf kampanye dan sukarelawan. Tugas Komite Keuangan adalah memberikan kontak list orang/perusahaan yang dapat diminta sumbangan untuk keberhasilan kampanye.

Setiap anggota Komite Keuangan harus memiliki kontak jaringan yang luas yang dapat diminta untuk mendukung kampanye. Setiap anggota umumnya diharapkan dapat memberikan kontribusi kampanye, dan kemudian berjanji untuk mencari sejumlah orang lain untuk melakukan hal yang sama. Komite dapat terdiri dari pengusaha lokal, profesional, sosialita, dan kontak politik. Satu-satunya persyaratan adalah bahwa mereka mendukung kandidat secara finansial dan berjanji untuk mendapatkan (lebih banyak) kontak mereka untuk melakukan hal yang sama.

2. Strategi

Rencana penggalangan dana hanya harus mencakup strategi rinci untuk menggalang dana – dengan kata lain, harus menjawab pertanyaan “Dari mana uang itu berasal?” Jawaban umum untuk pertanyaan yang mencakup permohonan langsung untuk kontribusi, acara kampanye, direct mail dan, tentu saja, Komite Keuangan.

3. Timeline

Demikian pula, rencana penggalangan dana perlu menjawab pertanyaan “Kapan kita perlu uang?” Umumnya, vendor politik memerlukan parsial, jika tidak penuh, pembayaran di depan. Mereka melakukan ini karena sifat volatile kampanye politik. Jadi, dalam rangka untuk mengirimkan surat kampanye atau melakukan upaya keluar suara, kampanye harus memiliki dana di depan. Rencana penggalangan dana, oleh karena itu, perlu dipertimbangkan jauh sebelum strategi kampanye.

4. Persyaratan Hukum

Faktor hukum juga harus dipertimbangkan dalam penggalangan dana kampanye. Sebelum melaksanakan kontribusi, kampanye harus memeriksa kebijakan persyaratan pelaporan keuangan kampanye yang ditentukan undang-undang. Dan kampanye harus mematuhi ketentuan tersebut dan menjunjuk orang yang bertugas untuk mengawasi apakah ketentuan hukum itu diikuti.

Sekarang, Lakukan!

Dengan rencana yang rinci, kampanye siap untuk menjalankan strategi penggalangan dana. Dengan mengikuti rencana, dan terus melakukan upaya penggalangan dana, penggalangan dana tidak akan menjadi berat pada kampanye atau kandidat. Dengan cara itu, kampanye dapat meningkatkan uang yang dibutuhkan untuk menunjang strategi kampanye menuju kemenangan.

Filed Under: Campaign Corner

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.