Pilkada Sudah Dekat, Dana Belum Cair

alokasi dana desaDana pemilihan kepala daerah provinsi dan enam kabupaten sebesar Rp 20 miliar hingga saat ini belum dicairkan, kata anggota Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bengkulu Okti Fitriani.

“Dana pemilihan kepala daerah (pilkada) yang dijawalkan 3 Juli 2010 itu belum cair, kami meminta pemerintah provinsi segera mencairkan dana tersebut karena pemungutan suara tinggal dua pekan lagi,” katanya di Bengkulu, Kamis (17/6/2010).

Okti mengatakan KPU baru menerima dana tahap pertama Rp11 miliar sedangkan penambahan dana Rp 20 miliar belum dicairkan. Ia mengatakan sudah menyampaikan surat permohonan pencairan dana kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu namun hingga saat ini belum ada jawaban.

“Dana yang dianggarkan Rp 60 miliar untuk dua putaran, untuk  putaran pertama Rp 40 miliar, namun  yang dicairkan baru Rp 11 miliar,” katanya.

Dana tersebut untuk biaya operasional panitia pilkada yang dibagikan kepada enam kabupaten. Okti mengatakan KPU provinsi dan enam kabupaten, yaitu Muko Muko, Lebong, Kepahiang, Rejang Lebong, Seluma dan Kaur akan melaksanakan pilkada serentak pada 3 Juli 2010.

Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu Edi Ismawan mengatakan legislatif sudah menyetujui anggaran pilkada provinsi dan enam kabupaten sebesar Rp 60 miliar meski belum menyetujui tahapan pilkada yang dilaksanakan KPU.

“Kami sudah menyepakati dana pilkada serentak Rp60 miliar untuk dua putaran meskipun tahapan dan jadwal pilkada masih diperdebatkan,” katanya.

Edi mengatakan jadwal dan tahapan pilkada serentak yang disusun anggota KPU provinsi bertentangan dengan UU Nomor 12/2008 tentang Perubahan Kedua Undang-Undang Nomor 32/2004 tentang Pemerintahan Daerah.

Pada pasal 325 disebutkan bahwa pemungutan suara dilakukan 90 hari sebelum masa tugas kepala daerah berakhir, sedangkan penyelenggaraan pilkada serentak yang direncanakan berlangsung 3 Juli 2010 menyisakan 104 hari sebelum masa tugas gubernur berakhir. (sumber: kompas)

Filed Under: Kabar Pilkada

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.