Pilkada Ricuh, Kotak Suara Dibakar

ricuh-pilkada-tana-torajaPemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Tana Toraja,  Sulawesi Selatan berakhir ricuh, Kamis 24 Juni 2010. Massa merusak 12 kantor kecamatan dan membakar kertas suara perolehan sementara.

Hingga kini, polisi masih melakukan penyelidikan otak dari aksi yang diduga karena tidak puasnya massa terhadap hasil perolehan suara sementara yang digelar KPU Rabu, kemarin.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tana Toraja, Luther Pangrekun menyatakan, hingga siang ini, masih mendata 12 kecamatan yang dirusak massa, terlebih mendata kertas suara yang ikut  hangus dibakar.

Adapan 12 kecamatan yang dirusak  massa yakni, Kecamatan Bittuang, Makale, Mengkendek, Rembong, Salu Kutti, Malimbong, Rante Tayo, Gandasil, Simbuang, Sangalla Selatan, Sangalla Utara dan Makale Utara.

Dengan menggunakan batu, kayu dan balok, mereka merusak bagian kantor 12 kecamatan setempat. Seperti memecahkan kaca jendela, mendobrak pintu hingga rusak, memecahkan meja dan merusak kursi bahkan memecahkan kompter milik kantor kecamatan.

“Sasaran utama mereka adalah kotak suara, tapi mereka juga membakar dan merusak dokumen penting lainnya,” kata Luther yang dihubungi VIVAnews dari Makassar.

Luther mengaku, massa yang lebih banyak dari petugas keamanan yang menjaga setiap kantor kecamatan membuat aksi  tersebut sulit diatasi. Pasca pengrusakan tersebut, kantor KPUD Tana Toraja dibiarkan begitu saja. Bahkan seluruh anggota KPU tidak ada yang masuk kantor.

Seperti diketahui, berdasarkan hasil perhitungan suara di tingkat PPS, pasangan Theopilus Allorerung-Adelheid Sosang berhasil mengalahkan lima pasangan lainnya.

Berdasarkan hasil Real Count Scrip Intermedia, pasangan yang diusung Partai Golkar ini unggul sekitar 30 persen, disusul pasangan Nicodemus Biringkanae-Kendek Rante (24,4 %), Victor Datuan Batara – Rosina Palloan (20,78 %), Yunus Kadir – Yansen Tangketasik (15,36 %), Yohanis Embon Tandipayuk – Ophirtus Sumule (5,72 %) dan terakhir Cosmos Sampe Birani – Daniel Tonglo (3,67 %). (sumber: vivanews)

Filed Under: Kabar Pilkada

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.