Pilkada Mentawai, Suara Yudas-Rijel Tak Terkejar

pemungutan suara pilkadaPilkada Mentawai, Perolehan suara untuk pasangan Yudas Sabaggalet-Rijel Samaloisa yang dikenal sebutan “Yuri” semakin tidak terkejar pada pemilihan umum kepala daerah dan wakil kepala daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, pilkada Mentawai.

Hasil tabulasi penghitungan suara pilkada Mentawai di posko pemenangan pasangan Kortanius – Hendri Dunan (KONAN) hingga Jumat (14/10/2011), pukul 00.00 WIB menunjukkan, pasangan nomor urut dua tersebut kian unggul dengan memperoleh 14.695 suara atau 36,71 persen.

Pasangan yang diusung PDI Perjuangan tersebut menguasai suara di Kecamatan Siberut Tengah, Siberut Selatan, dan Siberut Barat Daya.

Urutan kedua ditempati pasangan Antonius Samangilailai – Melki Sapolenggu (nomor urut 2) dengan mengumpulkan 8.276 suara (20,68 persen) dengan suara terbanyak berasal dari Kecamatan Sipora Utara dan Sipora Selatan.

Pasangan Binsar Saleleubaja – Agustinus Sabebegen (nomor urut 3) berada di urutan ketiga dengan memperoleh 8.118 suara (20,28 persen). Lumbung suara pasangan yang diusung Demokrat, PDP, Partai Buruh, PKB dan Republikan tersebut berada di Kecamatan Pagai Selatan dan Siberut utara.

Pasangan Hendri Nasrani – H Rasydin Saiful (nomor urut 1) berada di urutan keempat dengan mengoleksi 4,673 suara (11,67 persen) dengan basis suara dari Kecamatan Sikakap.

Uruta kelima diduduki pasangan Kortanius Sabeleake – Hendri Dunan Sirait (nomor urut 4) dengan meraih 3.703 suara (9,25 persen) dan merajai perolehan suara dari Kecamatan Pagai Utara.

Sementara, pasangan Aurelius Yan-Jonimar Johanes (nomor urut 6) berada di urutan terakhir yang hanya mengantongi 563 Suara sah (1,41 persen) tanpa adanya basis suara.

Salah seorang tim penghitungan suara di posko pemenangan KONAN, Pinda T Simanjuntak mengatakan, total suara sah yang diterima telah mencapai 40.028 (79,29 persen) dari jumlah 50.484 daftar pemilih tetap (DPT).

“Data yang masuk baru 186 dari 218 TPS (tempat pemungutan suara) yang diterima dari rekapitulasi di tingkat PPK (panitia pemilihan kecamatan) dan ditandatangani oleh ketuanya,” katanya.

Hingga saat ini, pihaknya masih menunggu hasil rekapitulasi dari 32 TPS lagi terutama dari Kecamatan Siberut Barat karena sulitnya jaringan komunikasi.

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kepulauan Mentawai Bastian Sirirui mengatakan, rekapitulasi di tingkat kabupaten baru akan dilakukan mulai 15 Oktober 2011.

“Jadi, hasil resmi baru akan diketahui pada 15 Oktober nanti, kalau ada hasil yang beredar sekarang, itu bukan hasil valid,” jelas Bastian menyikapi hasil perhitungan pilkada Mentawai tersebut. (sumber: berita8)

Filed Under: Kabar Pilkada

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.