Pilkada Kota Medan: KPU Medan Dilaporkan ke Polisi

pilkada medanTim  kuasa hukum pasangan Rudolf Pardede-Afifuddin Lubis melaporkan Komisi Pemilihan Umum ke polisi. Pelaporan ini terkait belum dipatuhinya putusan Pengadilan Negeri Tata Usaha Negara Medan yang memenangkan gugatan pasangan Rudolf-Afifuddin dalam perkara melawan Komisi Pemilihan Umum Medan.
Sebelumnya pasangan Rudolf-Afifuddin ditolak pencalonannya sebagai calon wali kota dan wakil wali kota oleh KPU Medan karena dianggap tidak memenuhi syarat. Hal ini terkait persoalan ijazah SMA Rudolf yang dinilai masih bermasalah.

Atas penolakan ini Rudolf-Afifuddin pun menggugat KPU Medan ke PTUN. Dalam putusannya, hakim tunggal PTUN Medan Simon P Sinaga memenangkan gugatan Rudolf-Afifuddin. PTUN memerintahkan agar KPU Medan membatalkan surat keputusan penetapan 10 pasangan calon dan surat yang menyatakan pasangan Rudolf-Afifuddin tidak memenuhi syarat.

Menurut salah seorang kuasa hukum pasangan Rudolf-Afifuddin, Raker Situmorang, di Medan, Kamis (22/4), mereka mengadukan KPU Medan ke Poltabes, KPU Sumut, dan DPRD Medan. Selain itu, kuasa hukum Rudolf-Afifuddin juga akan mengadukan KPU Medan ke Polda Sumut, KPU pusat dan KPK.

Menurut Raker, putusan penundaan penetapan surat keputusan KPU Medan tentang penetapan calon wali kota dan wakil wali kota merupakan putusan yang serta merta harus ditaati tergugat (KPU Medan). Penetapan penundaan itu sah dan berharga, kecuali jika ada penetapan lain yang menyatakan sebaliknya.

“Artinya penetapan penundaan itu jelas. Kalau pun banding kan ada penetapaan itu. Jadi walau pun KPU Medan banding, tetapi tahapan pilkada status quo dong. Mereka jangan melakukan tindakan apa pun,” ujarnya.

Namun menurut anggota KPU Medan Divisi Hukum dan Humas Pandapotan Tamba, putusan PTUN itu bukan merupakan jenis putusan yang serta merta. Dalam a mar putusannya tidak ada kalimat serta merta. “Ini putusan biasa. Kalau putusan serta merta memang kami harus menaati putusan tersebut meski ada upaya hukum lain (banding),” kata Pandapotan. (sumber: kompas)

Filed Under: Kabar Pilkada

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.