Pilkada Gabungan Digelar 24 Februari 2013

pilkada surabayaPemilhan Gubernur (Pilgub) Jabar 2013 dipastikan akan digabung dengan Pilkada empat kota/kabupaten di Jabar, yakni Kota Cirebon, Kota Sukabumi, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Sumedang.

KPUD Jabar memastikan akan menggelar lima even pilkada tersebut pada 24 Februari 2013.

Ketua KPUD Jabar Ferry Kurnia Rizkiansyah mengatakan, tahapan pelaksanaan Pilkada akan dimulai pada Juli 2012 yang dimulai dengan membuat keputusan dan penetapan peraturan KPUD.

Dijadwalkan, tahapan tersebut akan selesai pada Agustus 2012 untuk kemudian dilakukan tahapan pemutakhiran data pemilih, pembentukan Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

“Pada tahapan awal, turut dilakukan prorses penerimaan DP4 (daftar penduduk potensial pemilih untuk pemilu) dari Pemprov Jabar. Data ini menjadi rujukan dalam pemutakhiran DPT (daftar pemilih tetap) dan prosentasi untuk calon perseorangan,” jelas Ferry kepada wartawan di kantornya Jalan Garut Kota Bandung.

Soal pemilihan waktu pelaksanan pada tanggal 24, Ferry berkilah, hal tersebut untuk menghindari tuduhan ada keberpihakan dari KPUD sebagai penyelenggara pilkada.

“Misalnya kalau dilaksanakan tanggal 2, nanti kita bisa dituduh mendukung calon nomor 2. Kalau 24 sepertinya tidak mungkin ada nomor urut calon yang sama dengan tanggal itu,” ucap Ferry.

Dia mengaku, rencana pelaksanaan pilkada bersama itu telah disampaikan kepada Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, para pimpinan partai, dan keempat kepala daerah yang bersangkutan.

“Yang terpenting kami sosialisasikan dan semua tahu. Tetapi memang belum ada jawaban dari mereka,” tandasnya.

Ferry pun telah meminta KPUD kota/kabupaten untuk gencar melakukan sosialisasi penggabungan Pilgub Jabar dengan 4 kota/kabupaten itu. KPUD Jabar sendiri belum bisa memastikan kebutuhan anggaran untuk menggelar pilkada gabungan itu. Namun pelaksanaan pilkada gabungan itu akan mengurangi beban anggaran yang dibutuhkan.

“Jika digabungkan, anggaran yang digunakan akan efesien hingga Rp150 miliar. Artinya, Pilgub Jabar hanya butuh dana Rp600 miliar. Sebelumnya kami menghitung Pilgub Jabar dalam satu putaran membutuhkan dana sedikitnya Rp750 miliar,” pungkasnya. (sumber: inilah dot com)

Filed Under: Kabar Pilkada

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.