Pilkada Babel Diharapkan Cerdaskan Masyarakat

Logistik PilkadaPilkada Babel Diharapkan Cerdaskan Masyarakat, demikian ungkap Tellie Gozelie. Anggota DPD RI Daerah Pemilihan Provinsi Bangka Belitung, Tellie Gozelie, mengatakan penyelenggaraan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Bangka Belitung yang akan diselenggarakan Kamis (23/2) besok harus mampu mencerdaskan wawasan politik masyarakat.

“Pemilukada harus mampu mencerdaskan wawasan politik masyarakat dengan program-program kampanye yang terukur dan tidak hanya mengumpulkan masyarakat dalam satu tempat kemudian diberikan hiburan,” ungkap Tellie melalui pesan BlackBerry kepada Liputan6.com di Jakarta, Rabu (22/2).

Tellie menjelaskan, pilkada adalah bagian proses seleksi kepemimpinan yang bersifat demokratis yang sudah menjadi pilihan bangsa Indonesia dan diatur dalam undang-undang. Karena itu, dirinya berharap proses pilkada tersebut harus berjalan sesuai aturan yang berlaku baik secara substansi maupun prosedurnya.

“Peserta dalam hal ini para calon gubernur dan wakil gubernur harus taat terhadap aturan yang telah ditetapkan undang-undang dan aturan yang telah ditetapkan oleh penyelenggara (KPUD),” tuturnya.

Dengan demikian, ia berharap baik kepada peserta maupun penyelenggara pilkada untuk mampu menerjemahkan secara substansial pilkada yang menjadi bagian dari proses kepemimpinan yang demokratis. “Secara substansi pemilukada harus mampu melahirkan kepemimpinan transformatif dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memajukan daerah serta mampu menjadi ajang pendidikan politik bagi masyarakat,” jelasnya.

“Sementara secara prosedural, pemilukada harus berjalan sesuai aturan yang ada baik dari sisi penyelenggara maupun peserta pemilukada itu sendiri. Penyelenggara dalam hal ini KPUD Provinsi Bangka Belitung harus objektif dan independen,” ujarnya.

Kementerian Dalam Negeri telah menetapkan hari pemungutan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bangka Belitung, besok sebagai hari yang diliburkan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Penetapan tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 270-76 / 2012, Tertanggal 17 Februari 2012 tentang Penetapan Hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

Empat pasang gubernur dan wakil gubernur yang bertarung dalam Pilkada Bangka Belitung, yakni Zaman (Zulkarnain Karim-Darmansyah Husein), HudarNur (HUdarni Rani-Joestiar Noer), EkoTrus (Eko Maulana Ali-Rustam Effendi) dan Double Yes (Yusron Ihza Mahendra-Yusroni Yazid). (liputan6)

Filed Under: Kabar Pilkada

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.