PESAN: Raja Dari Segala Strategi Politik

Mahkota RajaDalam sebuah perusahaan, pangsa pasar adalah raja: produk, staf, dan diskusi penganggaran semua berputar di sekitar itu. Berapa besar pangsa pasar yang diperebutkan, Berapa besar pangsa pasar yang diperoleh perusahaan, Strategi apa yang diperlukan untuk mendapatkan pangsa pasar lebih besar.

Dalam politik, pesan kampanye adalah raja. Setiap strategi harus memasukkan pesan sehingga kampanye Anda menjadi satu kesatuan yang utuh. Dalam setiap komunikasi dengan pemilih, pesan harus terpusat dan menjadi bagian paling penting. Apa yang dimaksud dengan “pesan” itu?

Secara sederhana, pesan kampanye adalah tema kampanye. Pesan kampanye harus dapat menjawab pertanyaan: Mengapa Anda mencalonkan diri/berkampanye? Tema kampanye harus dapat memisahkan Anda dengan lawan Anda. Dengan pesan tersebut pemilih dapat mengetahui posisi Anda terhadap isu-isu tertentu. Pesan kampanye merupakan nilai substansial yang menjadi kekuatan Anda.

Mengapa pesan adalah Raja
Saya katakan pesan itu adalah raja dari semua strategi politik karena, seperti seorang raja, pesan kampanye membutuhkan penghargaan dan rasa hormat, karenanya harus mendapat perhatian khusus dan ekstra. Satu-satunya cara untuk berhasil dalam memenangkan pemilihan adalah dengan membangun pesan kampanye yang kuat. Satu-satunya cara agar pemilih mengetahui pesan Anda, adalah dengan memasukkan pesan Anda ke dalam segala sesuatu yang Anda lakukan.

Setiap aspek kampanye, dari penggalangan dana sampai kampanye door to door, harus berpusat pada pesan Anda. Setiap komunikasi keluar harus berhubungan kembali dengan pesan Anda. Setiap peristiwa, setiap kegiatan, dalam kampanye harus berhubungan dengan pesan Anda, menyebarkan pesan Anda, dan memasukkan pesan Anda. Tujuan Anda, pada akhir kampanye, adalah untuk memastikan bahwa setiap pemilih masuk ke bilik suara dengan berpikir tentang pesan kampanye Anda, dan pada akhirnya mencontreng atau mencoblos Anda.

Jangan salah … Adalah tidak mudah untuk menjaga “pesan” tetap terfokus dan menjadi bagian terpenting dari kampanye Anda. Banyak godaan, bisa jadi godaan itu berasal dari orang terdekat, yang mendorong Anda pergi dari “pesan”. Jangan lakukan itu. Tetaplah pada rencana strategi kampanye yang telah Anda buat. Tetaplah menempel pada pesan Anda.

Filed Under: Campaign Corner

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.