Penghitungan Suara Tak Terganggu

rekap suara pilkadaKomisi Pemilihan Umum Sulbar bersikukuh penyelenggaraan pemilihan gubernur dan wakil gubernur tidak terganggu, kendati ditemukan beberapa kasus kecurangan selama pencoblosan.

Pada hari pencoblosan, 10 Oktober, saksi salah satu kandidat menangkap tangan seorang anggota DPRD Kabupaten Mamuju mencoblos 11 kali di TPS 1 Kelurahan Binanga, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju. Kasus ini masih ditangani oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Mamuju.

“Proses itu tetap ditangani, tetapi penghitungan suara di tingkat kecamatan harus tetap dilaksanakan. Kasus ini tidak mengganggu jalannya tahapan yang harus dilakukan,” ujar Ketua KPU Sulbar Nahar Nasada di Mamuju, Selasa (11/10/2011).

Penghitungan suara saat ini masih berlangsung di tingkat kecamatan, sebelum dibawa ke tingkat kabupaten, dan direkapitulasi di tingkat provinsi. “Beri kami waktu bekerja setidaknya hingga tanggal 19 Oktober untuk menghitung suara,” lanjut Nahar.

Setelah ditemukannya warga yang mencoblos hingga 11 kali, situasi di Kelurahan Binanga kembali normal. Namun penemuan ini menjadi bahan kajian Panwaslu Sulbar untuk mengkritisi pilkada.

Ketua Panwaslu Sulbar, Lukman Umar, mengatakan, pihaknya tengah menggodok beberapa rekomendasi untuk disampaikan ke KPU Sulbar.

“Kami merekomendasikan penghitungan ulang seperti terjadi TPS 1 Mamuju. Ada pula beberapa TPS yang kami sarankan pemilihan ulang,” kata Lukman.

Kendati demikian, pemilihan ulang hanya akan dilakukan jika terjadi ketidaksesuaian antara surat di dalam kotak suara, dengan jumlah pemilih yang tercatat menggunakan hak suaranya . “Jadi harus benar-benar dipelajari secara mendalam,” ucapnya.

KPU memprediksi tingkat partisipasi pemilih pada pilkada Sulbar mencapai 60 persen. Sementara itu Jaringan Suara Indonesia (JSI) yang melakukan hitung cepat, mencatat bahwa tingkat partisipasi pemilih 72,22 persen.

Kendati hasil survey JSI melansir kemenangan pasangan Anwar Adnan Saleh-Aladin S Mengga melalui hasil hitung cepat, KPU berharap semua pihak menunggu hasil resmi. (sumber: kompas)

Filed Under: Kabar Pilkada

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.