Pengepungan Rumah Bupati jadi Bahan Gugatan ke MK

mahkamah konstitusiSidang sengketa Pilkada Kabupaten Tanjungjabung Barat (Tanjabar), Jambi, mulai digelar di Mahkamah Konstitusi, Jumat (19/11). Dalam sidang yang dipimpin oleh Hakim Ketua Panel Mahfud MD, pasangan calon kepala daerah Safrial-HM Yamin membeberkan dalil-dalil pokok materi gugatan Pilkada Tanjabar.

Pilkada Tanjabar sendiri telah digelar pada 21 Oktober lalu. Pada pilkada Tanjabar, KPU Tanjabar menetapkan pasangan Usman Ermulan-Katamso sebagai pasangan terpilih.

“Yang jadi pokok permasalahan bahwa penyelenggaraan Pilkada di Tanjabar telah terjadi pelanggaran di mana tidak memenuhi kriteria Luber dan Jurdil serta ditemukan pelanggaran yang bersifat massif, terstruktur dan sistematis,” kata Rusli, kuasa hukum pasangan Safrial-HM Yamin.

Menurut Rusli, salah satu pelanggaran yang dinilai berada dalam kriteria massif, terstruktur, dan sistematis itu terkait pengepungan rumah dinas Bupati Tanjabar yang juga salah seorang kandidat beberapa waktu lalu.

Pengepungan itu, lanjutnya, dilakukan pada saat minggu tenang dan dilakukan pada malam hari. “Dilakukan selama 18 jam lebih yang mana etrjadi pada saat minggu tenang,” terangnya.

Selain itu, lanjut Rusli, pelanggaran yang bersifat sistematis, massif dan terstruktur juga diduga melibatkan penyelenggara Pilkada dan pasangan calon tertentu.

Atas dalil tersebut, pihak KPU Tanjabar yang diwakili oleh Jaksa Pengacara Negara merasa keberatan dengan dalil-dalil yang diajukan pasangan Safrial-HM Yamin. Pihak KPU Tanjabar akan memberikan jawaban secara tertulis kepada MK pada persidangan pekan depan.

“Oleh sebab itu, sidang ditunda Senin. Dengan jawaban pemohon sekaligus pembuktian. Jadi semua ini ditanggapi,” kata Hakim Mahfud MD. Mahfud juga meminta pada hari persidangan selanjutnya para saksi-saksi diminta dihadirkan di MK. (sumber: jpnn)

Filed Under: Kabar Pilkada

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.