Pemprov NTT Siap Benahi Bandara El Tari

Bandara Udara El Tari Kupang NTTPemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur menyatakan siap membenahi Bandara El Tari Kupang untuk menjamin keamanan, kenyamanan dan keselamatan penerbangan.

“Pemerintah daerah juga akan berupaya mendorong maskapai penerbangan  membuka kembali rute internasional Kupang-Dili-Darwin melalui Bandara El Tari Kupang,” kata Gubernur NTT Frans Lebu Raya, di Kupang, Jumat.

Menurut gubernur untuk melaksanakan usulan tersebut Pemerintah Provinsi NTT segera melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat karena berkaitan dengan kewenangan, kebijakan dan ketersediaan sarana dan prasarana pendukung.

Ia mengatakan alat deteksi cuaca untuk Bandara El Tari Kupang sangat dibutuhkan untuk keselamatan penerbangan.

“Keamanan, kenyamanan dan keselamatan menjadi syarat utama keberhasilan penyelenggaraan transportasi, sehingga perlu mendapat perhatian serius,” katanya

Gubernur Lebu Raya menegaskan pada Januari 2010 pemerintah provinsi telah mengusulkan kepada Menteri Perhubungan  berkaitan dengan pengembangan infrastrutur, serta sarana keselamatan dan navigasi penerbangan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pengguna jasa transportasi udara dan laut.

Mengenai pembukaan penerbangan internasional Kupang-Dili dan Kupang-Darwin, ia mengatakan telah menindaklanjuti kepada pemerintah pusat terutama Kementerian Perhubungan melalui Dirjen Perhubungan Udara.

Gubernur Lebu Raya mengatakan pembukaan rute internasional tersebut perlu dilakukan karena permintaan pengguna jasa transportasi udara dengan tujuan Dili (Timor Leste) dan Darwin (Australia) yang semakin tinggi.

Tingginya permintaan penumpang ke wilayah itu juga telah didukung adanya penawaran dari maskapai domestik dan internasional untuk menerbangi Dili dan Darwin langsung dari Kupang.

“Dengan menjadikan NTT sebagai pintu masuk  penerbangan dan pelayaran ke Timor Leste dan Darwin, dampaknya  akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi rakyat,” katanya.

Gubernur Lebu Raya juga menambut gembira usulan dewan agar berkoordinasi dengan PT Angkasa Pura I untuk membenahi ruang tunggu keberangkatan dan kedatangan serta menambahan troli demi kelancaran dan kenyamanan pelayanan kepada pengguna jasa penerbangan.

“Pemerintah telah melakukan koordinasi dengan pihak Angkasa Pura untuk meningkatkan pelayanan di Bandara El Tari berkaitan dengan pembenahan sarana pendukung demi terciptanya kenyamanan dan kelancaran pelayanan,” katanya. (sumber: pos kupang)

Filed Under: Indonesia Timur

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.