Pemilukada Kab/Kota Dibagi 5 Zona

logo-kpuJAYAPURA-Salah satu hasil Rakernis KPU Provinsi Papua dan KPU Provinsi Papua Barat dengan KPU Kab/Kota di Provinsi Papua dan Papua Barat pada 15-16 Februari 2009 lalu di Hotel Relat Indah adalah Pemilukada serentak akan dilaksanakan di 5 Zona pada tahun 2010 di Provinsi Papua. Demikian ungkap Ketua KPU Provinsi Papua Benny Sweny,S.Sos  Ahad (21/2) kemarin.

“Ke-21 kabupaten/kota yang tergabung dalam zona/cluster tersebut telah menyusun jadwal dan tahapan secara bersama-sama sehingga pemungutan suara akan dilaksanakan serentak pada tanggal yang telah disepakati itu,” kata Benny.

Dikatakan, tahapan pencalonan akan dimulai 107 hari sebelum hari pemungutan suara, yang mana akan diawali dengan masa pendaftaran bakal pasangan calon bupati/wakil bupati atau walikota/wakil walikota selama 7 (tujuh) hari.

“KPU kab/kota dalam melaksanakan pendaftaran bakal pasangan calon partai politik atau gabungan partai politik bertugas menerima berkas pendaftaran, mencatat dalam buku registrasi, memeriksa kelengkapan administrasi, dan memberikan tanda bukti penerimaan pendaftaran,” terangnya.

Pihaknya menjelaskan, KPU kab/kota berhak menolak pendaftaran bakal pasangan calon, apabila setelah dilakukan penghitungan, partai politik atau gabungan partai politik yang mendaftarkan bakal pasangan calon tidak memenuhi ketentuan syarat paling sedikit 15 % (lima belas perseratus) dari jumlah suara sah atau jumlah kursi sebagaimana diatur dalam pasal 4 ayat (1) Peraturan KPU No 68/2009 tentang Pedoman Teknis Tata Cara Pencalonan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah. (sumber: cenderawasih pos)

Filed Under: Kabar Pilkada

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.