PDIP Dukung Konsensus Pencalonan Pilkada

pilkada1Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mendukung langkah Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mengadakan konsensus pencalonan pada pilkada di Kabupaten Tanggamus, Lampung Barat (Lambar) dan Tulangbawang (Tuba) yang akan digelar pada 2012 mendatang.

Namun, PDIP menuntut agar KPU konsisten dalam menjalankan aturan yang disepakati itu. “Saya dukung konsensus itu,” tutur Wakil Ketua DPD PDIP Lampung Watoni Nurdin kepada Tribun, Jumat (25/11).

Menurut Watoni, konsensus ini dilakukan agar tidak terulang lagi persoalan pencalonan pasangan Khamamik-Ismail Ishak pada Pilkada Mesuji. Watoni mengatakan, konsensus itu nantinya mengakomodasi suara parpol tentang pencalonan.

Adanya konsensus itu, papar dia, KPU bisa mengetahui tentang aturan internal parpol. Dengan begitu, KPU tidak lagi mengambil keputusan sepihak tentang pencalonan dari parpol. “KPU juga mesti menghargai aturan internal partai,” ucap dia.

Namun satu hal yang perlu menjadi perhatian, terus Watoni, adalah sikap KPU tentang konsensus itu. Jangan sampai, ucapnya, apa yang sudah disepakati itu malah tidak didukung oleh KPU yang berada di atasnya.

Oleh karena itu, saran Watoni, sebagai lembaga yang sifatnya vertikal koordinatif, KPU kabupaten harus berkonsultasi dengan KPU provinsi dan pusat. Sehingga, KPU di tiap tingkatan mempunyai persepsi yang sama tentang pencalonan. (sumber: tribun news)

Filed Under: Kabar Pilkada

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.