Panwas Pilwali Surabaya Marahi PPK

pilkada surabayaPanitia Pengawas Pemilihan Wali Kota Surabaya marah dengan Panitia Pemilihan Kecamatan Wonocolo. Kemarahan itu dipicu ruang penyimpanan surat suara di kecamatan itu tidak aman.

Ketua Panwas Surabaya Wahyu Hariadi marah karena pintu ruangan tidak tersegel. Jendela ruangan juga tidak terkunci dan sebagian tidak terkunci. “Bagaimana keamanan surat suara di sini bisa terjamin kalau kondisinya seperti ini,” ujarnya saat berkunjung ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Wonocolo, Senin (12/7/2010).

Seharusnya, semua surat suara itu disimpan di ruang aman. Setidaknya hanya ada satu akses masuk yang tersegel. “Kami khawatir surat suara di sini tidak terjamin,” ujarnya.

Padahal, Wonocolo bersama 25 kecamatan lain harus menggelar penghitungan ulang suara pemilihan Wali Kota Surabaya. Hal itu sesuai dengan perintah Mahkamah Konstitusi terkait gugatan Arif Afandi-Adies Kadir atas penetapan hasil penghitungan suara pemilihan Wali Kota Surabaya.

Selain Wonocolo, Panwas berencana meninjau beberapa PPK. Peninjauan itu untuk memastikan keamanan kotak dan surat suara. “Kami tidak ingin kejadian di Sukomanunggal terulang,” ujarnya.

PPK Sukomanunggal membuka kotak suara di luar jadwal pada 2 Juni 2010. Seharusnya, kotak suara dibuka pada 3 Juni 2010. (sumber: kompas)

Filed Under: Kabar Pilkada

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.