Panglima Ingatkan Netralitas TNI Dalam Pilkada

panglima-ingatkan-netralitas-tni-dalam-pilkadaPanglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso menginstruksikan kepada seluruh jajarannya untuk bersikap netral menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan tidak terlibat dalam kegiatan apapun yang berkaitan dengan Pilkada.

Instruksi itu dituangkan dalam Surat Telegram (ST) kepada para Panglima Komando Utama (Pangkotama) TNI di seluruh jajaran TNI yang tertuang dalam ST Panglima TNI Nomor ST/256/2010 tanggal 19 April 2010, yang diterima Antara di Jakarta, Jumat.

Telegram tersebut, menekankan kembali kepada Prajurit/PNS di jajaran TNI untuk tetap menjunjung tinggi netralitas TNI dalam Pilkada dan memerintahkan untuk mengantisipasi gejolak sosial yang mungkin timbul di wilayahnya.

“Sehubungan dengan akan diselenggarakannya Pilkada di beberapa daerah provinsi, kabupaten dan kota dalam waktu dekat, suhu politik akan meningkat yang akan berpengaruh pada situasi kondisi sosial daerah,” ujar Panglima TNI.

Karena itu, ia menginstruksikan seluruh jajarannya agar, pertama memedomani buku “Netralitas TNI” tahun 2008 dan Penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada bagi PNS TNI.

Kedua, memonitor perkembangan kegiatan Pilkada di daerah secara terus menerus guna mendeteksi dini dan mencegah dini terhadap pelanggaran anggota TNI dan adanya potensi konflik yang dapat berakibat terjadinya kerusuhan dan tindakan kekerasan di wilayah masing-masing.

Ketiga, mengadakan koordinasi dengan instansi terkait untuk kelancaran pelaksanaan tugas serta melaporkan setiap perkembangan situasi atau hal-hal menonjol pada kesempatan pertama. “Netral TNI disini tentunya tidak berpihak, tidak ikut, atau tidak membantu salah satu pihak,” demikian Panglima TNI. (sumber: antara)

Filed Under: Kabar Pilkada

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.