NTT Kaya Bahan Baku Semen

ntt kaya bahan baku semenWilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) sangat kaya bahan baku semen, seperti kapur dan tanah liat sehingga membawa angin segar bagi usaha industri semen di daerah ini.

“Bahan baku dari luar daerah hanya gipsum, pasir besi dan batubara saja,” kata Pimpinan PT Sarana Agro Gemilang (SAG), Ronny Kristianto, di Kupang, Kamis (25/3/2010), ketika ditanya soal ketertarikan perusahaan tersebut untuk menghidupkan kembali pabrik Semen Kupang.

Pabrik Semen Kupang yang dikelola manajemen PT (Persero) Semen Kupang sudah berhenti beroperasi sejak Maret 2008, akibat krisis keuangan dan manajemen. Setelah PT Semen Kupang, satu-satunya industri semen di NTT itu dinyatakan pailit, pabrik tersebut ditangani oleh PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) yang ditunjuk oleh Kementerian BUMN.

PPA kemudian menggandeng PT SAG untuk menghidupkan kembali pabrik Semen Kupang, dan menurut rencana akan mulai beroperasi kembali pada Juni 2010. Ronny mengatakan, PT SAG yang selama ini bergerak di sektor perkebunan merasa tertarik untuk terjun ke industri kimia hulu seperti industri semen ini, karena memiliki daya dorong tersendiri.

“Sudah lama kami bicarakan (bergerak ke sektor industri kimia hulu), dan baru terwujud sekarang. Pengelolaan pabrik Semen Kupang ini merupakan yang pertama kali PT SAG terjun di bidang industri kimia hulu,” katanya. Ronny menjelaskan, ketika PT Semen Kupang (Persero) dinyatakan pailit oleh Kementerian BUMN, ia langsung terjun ke Kupang untuk melakukan penyelidikan dan identifikasi atas perusahaan tersebut.

“Ketika dibuka lelang oleh Kementerian BUMN melalui PT PPA, kami langsung memberanikan diri untuk terjun ke sana. Dan, akhirnya kami (PT SAG) dinyatakan sebagai pemenang untuk menghidupkan kembali pabrik Semen Kupang dalam bentuk kerja sama operasional (KSO),” katanya. Berdasarkan hasil survei PT SAG, kata dia, wilayah NTT sangat kaya dengan bahan baku semen seperti kapur dan tanah liat (clay) sehingga membuat pihaknya termotivasi untuk bergerak di sektor industri kimia hulu. (sumber: pos kupang)

Related Blogs

    Filed Under: Indonesia Timur

    About the Author:

    RSSComments (0)

    Trackback URL

    Comments are closed.

    • Quote of the Day
      Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.