NTT Butuhkan 4.000 Waduk

ntt kemarau panjangProvinsi Nusa Tenggara Timur memerlukan sedikitnya 4.000 waduk untuk mengatasi kesulitan air guna keperluan air bersih pertanian, peternakan dan berbagai kebutuhan lain.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Nusa Tenggara Timur (NTT) Andre Koreh di Kupang, Rabu (23/6/2010), mengatakan, setiap tahun NTT mengalami krisis air karena curah hujan rendah yang berlangsung pada Desember hingga Februari.

Salah satu kesulitan yang dihadapi masyarakat berkaitan dengan krisis air akibat curah hujan rendah pada tahun ini adalah gagal tanam dan gagal panen. Hal ini mengakibatkan 1,6 juta penduduk terancam rawan pangan di sejumlah kabupaten.

Pembangunan waduk, kata dia, diperlukan untuk menampung air pada musim hujan dan bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan selama sembilan bulan sejak Maret sampai November.
Dia mengatakan, sejauh ini pemerintah baru mampu membangun 445 waduk dan dari jumlah itu, sebanyak 245 waduk dalam kondisi rusak, sehingga tidak maksimal menampung air pada musim hujan.

Oleh karena itu, pihaknya memfokuskan perhatian pada perbaikan waduk-waduk yang rusak tersebut, sebelum musim hujan berikut tiba, dengan menggunakan dana APBD dan APBN. (sumber: kompas)

Filed Under: Indonesia Timur

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.