Negative Campaign

negatif campaign

Tiap orang memiliki banyak pendapat yang berbeda tentang “Negative Campaign” dalam strategi kampanye politik.  Ada yang bilang tidak pernah menggunakannya, Ada yang mengatakan selalu menggunakannya. Hal ini menunjukkan bahwa dalam kontestasi pemilihan umum, tak jarang negative campaign menjadi perdebatan yang seru.

Dalam tulisan ini, mari kita bersama membedah sedikit hal tentang Kampanye Negatif tersebut. Sehingga kita semua dapat memilih untuk menahan diri dari negative campaign atau mendorong Anda untuk mendiskusikan dengan tim sukses anda bagaimana Anda akan menggunakannya dalam kampanye

Ada tiga jenis utama dari kampanye negatif:

  1. Ad Hominem Attacks

Ad hominem merupakan istilah Latin berarti, “melawan orang”. Jenis serangan ini adalah serangan terhadap pribadi lawan, cenderung tidak ada hubungannya dengan kampanye, visi-misi, maupun kebijakan. Contoh serangan ad hominem, Anda mengkampanyekan bahwa lawan Anda kelebihan berat badan, jelek, memiliki hubungan di luar nikah, dan lain sebagainya.

Dalam pandangan kami, dan dilihat dari operasi politik yang paling profesional, ad hominem attacks adalah jenis serangan yang tidak etis dan kontra-produktif, dan harus dihindari dalam setiap kampanye.

  1. Policy Attacks

Seperti yang Anda bisa tebak dari istilah itu, Policy Attacks merupakan pesan kampanye yang menyerang kebijakan lawan. Serangan ini dapat secara langsung membandingkan kebijakan dan janji-janji lawan, kemudian membadingkannya dengan kebijakan Anda, dan kemudian perlihatkan kepada khalayak kejelekan kebijakan lawan.

Sementara kandidat (lawan) tidak menggunakan serangan kebijakan (alih-alih hanya berfokus pada tema-tema positif yang mempromosikan diri mereka sendiri), operasi politik profesional percaya bahwa Policy Attacks merupakan serangan yang etis dan produktif dalam kampanye politik.

  1. Character Attacks

Jenis ketiga dari kampanye negatif adalah menggunakan serangan karakter terhadap lawan. Serangan ini menunjukkan bahwa hal-hal tertentu dalam hidup lawan Anda saat ini atau masa lalu membuat dia tidak layak untuk posisi yang mereka incar saat ini. Contoh serangan karakter: melakukan kekerasan dalam rumah tangga sering bertindak kasar terhadap istri, pernah melakukan tindak asusila di masa lalu, dan lain sebagainya.

Serangan Karakter adalah wilayah abu-abu nyata dalam negative campaign. Beberapa orang sama sekali tidak menggunakannya, yang lain percaya bahwa character attacks dapat diterima selama mereka berhubungan langsung dengan kampanye.

Sekarang kita telah menetapkan definisi dari negative campaign, dan tiga jenis utama yang kita lihat dalam kampanye modern. Selanjutnya bola ada di tangan Anda untuk menggunakannya atau tidak

 

Filed Under: Campaign Corner

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.