Nasdem Lebih Baik Tetap Jadi Ormas, Tak Laku Jika Jadi Parpol

nasional demokratBeberapa tokoh Ormas Nasional Demokrat (Nasdem) telah mendirikan partai politik dengan nama yang sama. Namun wacana pendirian partai mesti ditinggalkan Nasdem, karena menjadi partai politik justru akan membuatnya ditinggalkan masyarakat.

“Kalau Nasdem jadi partai tidak akan laku karena masyarakat sudah anti politik, kekecewaan masyarakat pada partai politik sudah ada pada titik nadir. Semua partai mendapat cap sama, mencari kekuasan. Begitu berkuasa lupa, lupa harapan pemilihnya,” ujar pengamat politik UI Iberahamsjah kepada detikcom.

Untuk itu, Iberahamsjah menyarankan agar Nasdem tetap menjadi ormas. Meskipun tak punya akses langsung terhadap kekuasaan, menjadi gerakan sosial bisa lebih berkontribusi pada perbaikan negeri ini.

“Perubahan tidak harus dilakukan melalu politik, gerakan sosial dan gerakan moral yang dari akar rumput bisa lebih lebih berbahaya seperti gerakan tokoh agama beberapa waktu lalu,” ucapnya.

Dengan tetap menjadi Ormas, pengunduran diri Sultan HB X pun tak akan berpengaruh secara signifikan.

“Saat ini Nasional Demokrat bukan partai politik, tapi gerakan sosial. Secara sukarela orang bisa keluar masuk kesana. Seharusnya (mundurnya Sultan) tidak akan berpengaruh.”

Sebelumnya Sultan telah membenarkan telah mengundurkan diri dari Ormas besutan Surya paloh itu. Sultan mengaku kecewa karena Nasdem telah menjadi partai politik. Kekecewaan itu diungkapkannya, usai berdialog dengan warga Merapi di Shelter Gondang I, Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Kamis (7/7/2011).

“Betul saya keluar,” kata Sultan pendek.

Kenapa? “Karena Nasdem sudah menjadi partai,” jawab Sultan kepada wartawan yang menanyakan alasannya keluar dari Nasdem. (sumber: detik)

Filed Under: Nasional

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.