Menjawab Pertanyaan Tentang Politik Akar Rumput

lautan manusiaAda dua pertanyaan yang paling sering ditanyakan bagi konsultan politik :

1. Bagaimana Saya Harus Memulai Kampanye?
Ini adalah salah satu pertanyaan yang paling umum untuk calon yang baru pertama kali bertarung dalam sebuah kontestasi politik dan pertanyaan oleh seorang manajer kampanye. Jawaban singkatnya adalah: tidak pernah terlalu dini untuk memulai.

Selalu ada kegiatan-kegiatan yang dapat di lakukan untuk kampanye. Bahkan jika pemilu masih empat tahun lagi, Anda sudah bisa mulai keluar dan bertemu orang, berbicara dengan para pemimpin dan aktivis, membangun sebuah organisasi dan merancang rencana promosi Anda.

Tentu saja, Anda tidak ingin mengumumkan pencalonan Anda atau memasang iklan jauh hari sebelum kampanye karena akan memakan banyak biaya.

Ketika memutuskan kapan harus mulai melaksanakan kampanye, ingatlah agar selalu menunggu sampai orang-orang siap untuk menaruh perhatian pada kampanye anda. Jika Anda membuat iklan dan tidak ada yang peduli, berarti Anda membuang-buang uang yang berharga bagi kegiatan kampanye.

2.  Haruskah Saya Berdiri di Pasar dan Tempat Keramaian untuk Berjabatan Tangan dan Menyapa  Orang Untuk Memilih Saya?
Jika ada satu konsep yang diabaikan oleh sebagian besar kampanye, itu adalah penargetan. Kampanye beroperasi dengan sumber daya yang terbatas – dalam keterbatasan waktu, uang, dan tenaga kerja. Segala sumber daya tersebut harus digunakan dengan bijaksana jika Anda ingin kampanye ini menjadi sukses.

Cara untuk memastikan bahwa sumber daya ini digunakan dengan cara terbaik adalah target. Pilih pemilih yang Anda butuhkan untuk berkonsentrasi pada penyampaian pesan Anda dan gunakan sumber daya Anda untuk melakukannya.

Berdiri di pasar dan tempat keramaian adalah proposisi berisiko. Tidak hanya Anda tidak tahu apakah orang yang Anda temui ada terdaftar dalam daftar pemilih atau bahkan mereka tidak tinggal di daerah pemilihan. Tetapi jika mereka sebagian besar pendukung lawan, kampanye Anda justru akan membangunkan anjing tidur, dan mendorong lawan beraksi untuk kampanye di daerah itu.

Sederhananya, jangan melakukan tindakan yang tidak ditargetkan dengan baik. Berdiri dan menyalami semua orang bukanlah kampanye yang bijak. Fokuslah pada pemilih yang Anda targetkan. Kecuali jika Anda memiliki banyak relawan, dan anggaran yang berlebih. Anda dapat menjalankan strategi kampanye masal.

Filed Under: Campaign Corner

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.