Menghubungkan Kampanye Anda dengan Gerakan Akar Rumput

tangan bersamaJika ada satu hal yang menjadi benang merah dalam setiap peristiwa politik di Indonesia, maka itu adalah gerakan akar rumput.

Hal ini menunjukkan bahwa gerakan akar rumput masih hidup dengan subur di Indonesia. Dengan demikian menghubungkan kampanye dengan gerakan akar rumput adalah satu hal yang sangat penting dalam perencanaan strategi kampanye.

Kelebihan dan Kekurangan
Tentu saja, ada kelebihan dan kekurangan untuk menghubungkan gerbong politik Anda ke gerakan akar rumput:

Di sisi positif, organisasi akar rumput dapat memberikan meningkatkan besar dalam penggalangan dana dan tenaga sukarela; memberikan kesempatan besar untuk menyuarakan pesan Anda; juga memiliki kemungkinan lebih untuk mendapatkan banyak liputan pers, dan memungkinkan Anda untuk melakukan komunikasi politik dengan biaya yang jauh lebih murah dibanding media politik standart.

Di sisi lain, bahaya yang menghubungkan ke gerakan akar rumput bermacam-macam. Kampanye yang terlalu dekat dengan rekan-rekan aktivis, dan jika akar rumput membuat kesalahan (dan ini sering terjadi), maka rekan aktivis tersebut akan menanggung akibatnya; calon dapat dilihat sebagai pion dari kepemimpinan akar rumput; jika tidak dikelola dan diarahkan dengan baik akar rumput sangat riskan terhadap penyalahgunaan, dan dapat ditunggangi kepentingan lain di luar kepentingan Anda.

Setiap kampanye harus hati-hati mempertimbangkan biaya dan manfaat dari menghubungkan erat dengan gerakan akar rumput. Dan harus mengevaluasi bagaimana memindahkan akan menghasilkan suara dan dampak rencana kampanye secara keseluruhan. Jika kampanye Anda memutuskan bahwa kemitraan akan bermanfaat, berikut adalah beberapa tips untuk mendapatkan hasil maksimal dari hubungan Anda:

1. Sesuai Aturan Hukum
Pastikan untuk mengikuti semua aturan hukum yang berlaku. Konsultasi dengan seorang pengacara untuk mempelajari aturan-aturan kampanye/pemilu di daerah Anda.

2. Tentukan Hubungan Anda
Bertemu dengan para pemimpin gerakan akar rumput dan tentukan seperti apa hubungan kerja Anda akan terlihat. Menunjuk staf yang bertanggung jawab sebagai penghubung antara organisasi Anda dengan organisasi akar rumput.

3. Mobilisasi “Pasukan” Anda
Gerakan akar rumput dapat memberikan sumber daya manusia (berupa relawan) yang besar. Seringkali, para sukarelawan ini tidak mempunyai pengalaman kerja pada kampanye. Namun mereka memiliki ketertarikan dan kepercayaan yang besar terhadap Anda. Buat program training sehingga mereka bisa menjadi relawan politik yang handal yang dapat bekerja atas nama Anda.

4. Tanggapi Masalah dengan Cepat dan Jelas
Jika suatu masalah timbul yang melibatkan gerakan akar rumput, bersiaplah untuk merespon dengan cepat dan jelas, dan jangan takut untuk menjauhkan diri dari organisasi mitra Anda jika diperlukan. Selalu bersedia untuk mengevaluasi kembali hubungan yang didasarkan pada isu-isu saat ini, kebutuhan, dan keadaan.

Dalam banyak hal, menghubungkan kampanye Anda dengan gerakan akar rumput adalah sama dengan membangun koalisi politik. Jadi jagalah hubungan dengan gerakan akar rumput dan tetaplah profesional.

Filed Under: Campaign Corner

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.