Mengembangkan Pesan

Bagaimana membuat pesan yang tepat?

Membuat  pesan yang tepat mungkin adalah tugas yang paling penting dalam kampanye politik. Sayangnya, membuat pesan adalah salah satu  di antara bebrapa hal yang paling diabaikan. Pada awal kampanye banyak diskusi panjang tentang bagaimana membuat  poster,baliho, kegiatan dan tag line dari kandidat. Hal ini sebenarnya lebih baik untuk memulai dengan pertanyaan, sederhana, tapi kadang-kadang sangat sulit: Apa yang harus kita katakan? Apa argumen kunci untuk meyakinkan para pemilih dalam waktu singkat dan berharga yang akan diberikan ?.

Jawaban atas pertanyaan ini adalah jelas dan mudah ditemukan. Namun pada situasi yang kompleks dan sulit terkadang susah untuk membuat pesan yang baik. Dengan pesan yang tepat untuk kampanye anda, maka kampanye anda menjadi jauh lebih mudah. Pesan Anda menjadi jantung promosi Anda. Ini berfungsi sebagai pedoman dan sebagai motif utama kampanye anda

Seperti apa pesan yang baik?

Pesan tersebut terdiri dari delapan kalimat (atau kurang) yang menjawab pertanyaan pemilih: Mengapa saya harus memilih si A pada pilkada? Tidak ada rumus ajaib, itu semua akan lebih mudah jika Anda memastikan bahwa pesan yang akan di sampaikan kepada pemilih memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Sederhana dan Jelas. Hal ini ditulis dalam bahasa sehari-hari biasa, tidak dalam frase bunga yang digunakan oleh politisi atau slogan-slogan buatan pengiklan.
  • Pesan kampanye yang baik adalah yang Benar dan Kredibel. Sadarilah bahwa kebenaran dan kredibilitas tidak selalu bersamaan. Sebuah pesan dapat benar, tetapi pada saat yang sama tidak kredibel, karena pemilih tidak percaya.
  • Sebuah pesan kampanye yang baik juga memberikan Alasan agar pemilih menentukan pilihannya
  • Sebuah pesan yang baik memberikan pilihan pemilih yang jelas. Dalam hal ini mempunyai Perbedaan/Contrasting dengan lawan politik anda, menunjukkan perbedaan antara Anda dan lawan utama Anda, atau bisa dikatakan Ini adalah apa yang saya perjuangkan dan ini adalah apa yang orang lain perjuangkan.
  • Jika anda diserang, pesan yang baik akan membela anda terlebih dahulu.

Mengembangkan pesan

Pengembangan Pesan harus dilakukan dalam tim kecil, tidak lebih dari empat atau lima orang. Semakin besar kelompok itu, pembahasan akan lebih banyak dan luas. Tim tersebut berfungsi membahas tentang:

  • Apa yang harus saya katakan tentang diriku?
  • Apa yang harus saya katakan tentang lawan?
  • Apakah lawan katakan tentang saya?
  • Apakah lawan katakan tentang dirinya sendiri?

 

Hal ini dapat membantu anda untuk fokus pada poin yang paling penting. Anda harus melakukan sebagian dari pekerjaan, namun dengan kreativitas, dalam diskusi dengan orang lain, dan menggunakan akal sehat.

Pengujian pesan

Setelah Anda pikir Anda telah menemukan pesan yang tepat, mulai mengujinya. Pergilah ke jalan atau ke tempat-tempat umum  dan berbicara kepada orang-orang yang menurut anda adalah pemilih potensial Perkenalkan pesan Anda dalam percakapan normal dan mengamati reaksi.

Sebarkan pesan Anda:

Setelah Anda telah menemukan pesan yang sempurn dimana anda harus dapat membaca dengan cepat, seperti tembakan, bahkan saat anda berbaring terjaga di tengah malam, maka mulai menyebarkannya. Satu hal yang perlu di ingat bahwa “Satu pesan, seribu suara!” (Bukan sebaliknya.)

Filed Under: Campaign Corner

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.