Mengapa Slogan Kampanye Anda Gagal

slogan kampanye

Slogan kampanye politik merupakan suatu hal yang rumit dari bagian strategi kampanye. Slogan yang tepat dapat meningkatkan popularitas dan tingkat pengenalan Anda di kalangan pemilih. Bahkan slogan yang sangat bagus dapat mengendap dalam benak masyarakat untuk beberapa tahun. Sebaliknya, slogan yang salah akan mudah dilupakan.

Karena slogan kampanye memiliki nilai yang sangat penting, maka pastikan untuk meluangkan waktu yang cukup untuk merancang sebuah slogan yang baik. Saat Anda merancang slogan, juga perlu diingat empat alasan mengapa banyak slogan-slogan kampanye gagal:

  1. Slogan Tidak Praktis
    Slogan yang tidak praktis memiliki banyak kelemahan: tidak diingat, sulit dibaca, dan bisa jadi membuat kampanye Anda terlihat amatir. Slogan harus singkat, menarik, dan to the point. Saat pertama kali melihat, slogan harus dapat dibaca dengan cepat tanpa kesulitan. Sehingga sambil jalan orang dapat membaca slogan Anda dengan jelas.
  2. Slogan Tidak Berdasar Pesan
    Semua slogan harus secara langsung dikaitkan dengan pesan kampanye Anda. Slogan kampanye harus, secara umum, lebih luas dari pesan Anda, tetapi mereka tetap harus terkait langsung dengan tema promosi secara keseluruhan.
  3. Slogan Tidak Mudah Diingat
    Slogan Anda harus benar-benar personal. Jangan menggunakan slogan yang sudah menjadi slogan umum. Slogan harus benar-benar unik. Karena slogan tersebut mencerminkan Anda. Dengan melihat slogan, orang akan teringat pada Anda. Dan sebaliknya dengan melihat Anda, orang akan teringat slogan Anda.
  4. Pesan Yang Tidak Diinginkan dan Berbahaya
    Terkadang, kampanye membuat kesalahan besar dengan mengira bahwa mereka telah mengirimkan pesan yang tepat dengan slogan kampanye mereka, namun sebenarnya mengirim pesan yang tidak diinginkan (dan berbahaya).

Slogan kampanye dapat secara tidak langsung mengingatkan pemilih pesan lain. Hati-hati jangan sampai slogan Anda dapat mengingatkan pemilih pada pesan yang dapat membahayakan Anda.

 

Filed Under: Campaign Corner

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.