Mengalahkan Cakupan Berita Negatif

Hanya ada satu cara nyata untuk mengalahkan berita negatif tentang Anda/kandidat, yaitu: keluar dan hadapi. Anda harus merespon pemberitaan media yang negatif/buruk dengan cepat dan lantang.

Setiap kali Anda mendengar desas-desus buruk tentang seseorang, Anda hampir selalu menganggap itu benar kecuali orang yang bersangkutan keluar dan membantah dengan cara yang kredibel. Hukum perilaku manusia tidak banyak berubah. Jika sumber kredibel, kebanyakan orang akan percaya.

Jika Anda atau calon Anda dituduh melakukan sesuatu yang dia tidak melakukannya, pastikan penolakan Anda jelas dan tajam. Jangan gunakan bahasa tersirat. Jangan berbasa-basi ketika Anda memberitahu wartawan bahwa tuduhan tersebut adalah palsu dan Anda tidak melakukannya. Dan jika Anda berbicara di televisi, jangan suruh pemirsa untuk menarik kesimpulan sendiri. Buatlah mudah bagi mereka untuk percaya bahwa Anda adalah korban, dan tuduhan palsu. Jadilah jelas dalam penolakan Anda.

Sangat mudah untuk menyangkal tuduhan bila tuduhan itu palsu, tetapi apa yang terjadi ketika tuduhan terhadap Anda adalah benar? Bagaimana seharusnya Anda merespon ketika seseorang menuduh Anda atau kampanye Anda melakukan tindakan negatif, dan Anda tahu hal itu benar?

Saran saya: jangan menyangkal sesuatu yang Anda tahu adalah benar. Wartawan dibayar untuk menemukan fakta dan jika mereka menemukan informasi apapun yang membuktikan Anda berbohong, maka kredibilitas Anda akan hilang untuk selamanya.

Dan juga jangan menghindar dari pers, entah Anda bersalah atau tidak, menghindar dari pers adalah tidak baik. Jika Anda menolak untuk wawancara, Anda hampir tidak memiliki kesempatan untuk membentuk peliputan cerita, berita, dan citra. Namun, jika Anda menjawab ya untuk wawancara dan bersiap untuk jawaban-jawaban, Anda setidaknya bisa mempertahankan kontrol kerusakan akibat citra buruk dari berita negatif tentang Anda. Dan bahkan mungkin dengan sedikit “improvisasi”, bahkan ada kemungkinan Anda bisa mengubah citra negatif menjadi empati yang positif.
Ada beberapa alasan mengapa saya tidak menganjurkan Anda menghindar dari media. Alasan paling penting adalah ketika Anda menolak berbicara dengan media, berarti Anda memberi kekuasaan penuh kepada reporter untuk mengejar ceritanya. Selain itu, jika Anda tidak membela diri, orang akan menganggap Anda bersalah.

Sekarang, mari kita asumsikan Anda memutuskan untuk berbicara dengan media. Jika strategi komunikasi anda dijalankan dengan benar, pembaca dan pemirsa akan mendengar dari Anda mengapa: A) cerita ini tidak benar, B) cerita ini benar, atau C) Anda bekerja untuk memecahkan masalah. Jika Anda dapat memproyeksikan citra simpati atau empati, bahkan penonton mungkin merasa kasihan dengan Anda. Dan kalau toh Anda berbuat salah, pembaca atau pemirsa mengetahui bahwa setiap orang berhak untuk membuat kesalahan dalam hidup.

Filed Under: Campaign Corner

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.