Memenangkan Pemilihan Dalam Kancah Politik Baru

BB1162-002Banyak hal telah berubah dalam kancah politik Indonesia. Sebagian percaya bahwa telah terjadi perubahan drastis dalam kancah politik Indonesia. Namun sebenarnya tidak. Anda lihat, semakin banyak perubahan politik, mereka semakin terlihat sama. Dasar-dasar menjalankan kampanye politik yang baik tidak akan pernah berubah. Tidak ada yang dapat mengurangi kebutuhan untuk mengembangkan pesan yang kuat, terhubung dengan pemilih, dan dana kampanye yang memadai.

Akhir-akhir ini kita melihat dunia politik semakin ramai di internet dan situs jejaring sosial. Siklus berita menjadi 24 jam. Perubahan ini, dan lain-lain, telah membuat dampak yang luas tentang bagaimana memenangkan kampanye.

Untuk menjadi sukses, kampanye politik dan komite akan perlu menyesuaikan kembali pemikiran mereka dalam tiga bidang utama:

1. Semuanya Viral
Era koran pagi dan berita sore sebagai sumber paling terpercaya telah tergeser. Fungsi koran telah banyak tergantikan oleh berita televisi, situs berita internet, dan blogger independen, masing-masing dengan agenda mereka sendiri. Orang tidak serta merta percaya pada apa yang mereka baca atau lihat. Bagi banyak orang, sumber paling terpercaya telah diganti oleh teman-teman, kerabat, dan rekan. Efek ini telah membunuh kampanye politik tradisional.

Kampanye modern perlu perlengkapan baru untuk pesan mereka, yaitu virus, atau tepatnya virus ide. Layaknya virus penyakit, virus ide ini menyebar dari orang ke orang melalui kontak dekat. Dapatkan pesan Anda ke orang yang tepat, yakinkan lereka untuk mendukung Anda, dan mereka akan pergi keluar dan menyebarkan pesan tersebut kepada teman dan kolega mereka. Kuncinya adalah mengembangkan pesan yang memotivasi, menemukan orang yang tepat untuk berbagi, dan mendorong orang-orang untuk menyebarkan “virus”.

2. Setiap Orang Adalah Raja
Kampanye tradisional di Indonesia selalu erat kaitannya dengan pengerahan massa, kampanye terbuka di alun-alun membutuhkan dana yang tidak  sedikit. Seiring perkembangan jaman, model kampanye pengerahan massa tersebut mulai tergeser. Ada banyak jenis dan strategi kampanye yang lebih murah dan efektif. Salah satunya adalah internet. Ini merupakan media kampanye yang gratis, namun cukup efektif membidik pemilih pemula dan pemuda.

Semakin terpelajar masyarakat, berarti juga semakin memiliki kedewasaan politik. Setiap orang memiliki akses informasi yang sama besarnya, setiap orang bisa “menyebarkan virus” satu kepada yang lainnya. Karenanya setiap orang adalah raja.

3. Fundraising
Penggalangan dana merupakan bagian penting dalam kampanye Anda. Penggalangan dana secara tradisional perlu dikombinasikan dengan penggalangan dana online. Contoh penggalangan dana online yang sukses adalah koin untuk Prita. Hanya mengumpulkan donasi Rp 100,- per orang, tapi jika donasi itu datang dari banyak orang, maka jumlahnya pun akan banyak.

Seringkali lebih mudah mengumpulkan donasi kecil (Rp 100,- atau Rp 100,-), daripada mencari donasi besar (Rp 100.000.000,-) dari satu orang. Kampanye Anda harus bekerja pada akar rumput dan mencari donor kecil, tapi ingat, donor utama akan selalu menjadi bagian kunci dari strategi kampanye Anda.

Filed Under: Campaign Corner

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.