Membangun Koalisi Lokal

membangun koalisi lokalOrganisasi akar rumput merupakan kunci untuk Sukses. Kampanye modern, baik itu secara nasional maupun lokal, akan selalu membangun koalisiorang-orang yang menjadi target dari pesan kampanye. Koalisi ini merupakan separuh bagian dari kampanye, karena koalisi ini akan selalu ‘menjaring’ anggota baru dan kemudian menyebarkan pesan kampanye.

Koalisi dalam setiap kampanye sebaiknya terus mengajukan pertanyaan tentang strategi kampanye. Silakan browsing tentang strategi di situs ini sudah banyak dibahas tentang strategi kampanye. Pada artikel kali ini saya akan fokus pada kelompok-kelompok yang tertarget yang bakal ikut menjadi bagian dari bangunan koalisi.

Dual Opsi
Tujuan dari koalisi adalah untuk membangun organisasi akar rumput yang mendukung kampanye dan mendukung kandidat. Dalam memanfaatkan koalisi, kampanye memiliki dua pilihan: menggunakan koalisi yang sudah ada untuk membangun organisasi akar rumput, atau membangun koalisi dari bawah ke atas.

Masing-masing opsi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kedua opsi tersebut dapat dijalankan sendiri-sendiri secara terpisah, maupun digunakan keduanya sekaligus secara simultan sehingga dapat mencapai efektifitas dalam menggalang dukungan untuk kampanye Anda.

Pra Koalisi: Kelompok, Organisasi dan Klub
Pra-koalisi ada di setiap masyarakat dan lingkungan. Kelompok gereja, jamaah masjid, organisasi masyarakat, asosiasi orang tua murid dan kelompok-kelompok sipil adalah contoh dari entitas yang sudah terbentuk dengan anggota aktif yang memiliki keprihatinan umum.

Melakukan pendekatan dengan kelompok yang sudah ada memiliki beberapa keuntungan, diantaranya; mereka sudah memiliki wadah organisasi, sudah memiliki struktur, sehingga lebih mudah untuk mengorganisir, dibanding kelompok yang belum memiliki wadah organisasi. Namun dengan memiliki wadah organisasi itu justru bisa jadi kelemahan, karena sebuah organisasi pasti memiliki visi dan misi, dengan demikian mereka telah menetapkan arah dan biasanya enggan untuk merasa seolah-olah ia sedang diasosiasikan dengan sebuah kampanye politik. Kuncinya adalah dengan membuat kelompok tersebut menjadi MITRA dari kampanye Anda.

Jika Anda ingin bermitra dengan sebuah organisasi masyarakat, maka Anda harus melakukan pendekatan sebelum deklarasi pencalonan Anda, atau segera setelah deklarasi. Dengan pertemuan dengan pemimpin kelompok/organisasi dan meminta dukungan dengan sungguh-sungguh sebelum kampanye dimulai, akan membuat kelompok merasa bagian dari proses keputusan, dan memulai hubungan dengan komunikasi yang positif.

Tujuan Kampanye
Ada beberapa tujuan untuk kampanye ketika bermitra dengan kelompok dan organisasi yang ada: Pertama dan terutama, kampanye ingin mendapatkan suara, dan kelompok adalah sumber utama pemilih. Kedua, kampanye harus berusaha mengumpulkan relawan dari grup. Ketiga, liputan pers dapat berkembang dari pengesahan oleh kelompok kunci. Akhirnya, dukungan keuangan dari kelompok, atau anggotanya, dapat ditingkatkan untuk calon melalui kemitraan.

Sebagai imbalan atas hal-hal ini, kampanye harus berjanji untuk menjaga kelompok melalui kegiatan dan kontak yang berkelanjutan, termasuk pertemuan masa depan antara kelompok (pemimpin dan seluruh anggotanya) dengan kandidat, entah Anda terpilih atau tidak terpilih. Organisasi/kelompok akan merasa berada “dalam loop,” dan Anda harus memastikan bahwa hal ini terjadi.

Filed Under: Campaign Corner

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.