Maluku dan Portugal Bekerja Sama

malukuPemerintah Provinsi Maluku bersama Portugal mulai melakukan penjajakan investasi pengelolaan dan pemanfaatan potensi sumber daya alam di provinsi ini. “Maluku memiliki potensi sumber daya alam sangat banyak. Potensi ini harus dimanfaatkan untuk kepentingan pembangunan di daerah ini, dan kami ingin melakukan investasi, ” kata Dubes Portugal untuk Indonesia Carlos Frota kepada wartawan usai melakukan pembicaraan dengan Gubernur Ralahalu di Ambon, Sabtu (28/8/2010).

Menurut Frota, potensi perikanan Maluku sangat besar dan bila dikelola secara baik bisa menjadikan Maluku sebagai lumbung ikan terbesar di Indonesia, bahkan kawasan Asia Pasifik.

Dikatakannya, keberadaan Maluku yang berbatasan dengan Australia dan Timor Leste memiliki prospek sangat cerah sebagai kawasan segitiga perdagangan internasional. “Maluku, NTT dan Timor Leste berada di kawasan ring satu, sementara Australia dan Papua Nugini merupakan ring dua, dan ini sangat menguntungkan bagi Maluku,” katanya.

Frota juga menyatakan negaranya siap membantu Pemprov Maluku dengan melakukan pembicaraan dengan lembaga donor internasional untuk mebantu pembiayaan pembangunan di daerah ini.

Sementara itu Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI pusat, Jan Sopaheluwakan, mengatakan pertemuan antara Pemprov Maluku dan Portugal untuk menjajaki peluang investasi pengelolaan sumber daya alam sangat berdampak pada peningkatan pembangunan di Maluku. “Potensi sumber daya alam yang ada di Maluku ibarat raksasa besar yang masih tidur, jika potensi ini dikelola akan berdampak bagi kemaslahatan masyarakat Maluku,” katanya.

Dia mengatakan, pertemuan awal ini akan ditindaklanjuti dengan penandatanganan MoU antara Maluku dan Portugal pada Oktober 2010 sebagai bukti keseriusan dan komitmen kuat antarkedua pihak untuk mengembangkan kerjasama saling menguntungkan dan hubungan bersahabat antara rakyat Indonesia dan Portugal.

Gubernur Maluku Karel Albert  Ralahalu, mengatakan Maluku memiliki potensi kekayaan alam baik darat maupun laut yang melimpah, termasuk kehidupan dan kultur budaya, sehingga perlu di kelola dengan baik agar berdampak pada peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat.  “Dengan adanya kerja sama Maluku dan Portugal, diharapkan potensi sumber daya alam dapat dikelola dengan optimal bagi kepentingan pembangunan sekaligus peningkatan kesejahteraan rakyat,” kata Ralahalu.

Dia mengatakan, Pemprov Maluku akan terus berupaya mengoptimalkan pemanfataan potensi yang ada guna mendorong percepatan pembangunan. “Setidaknya ada manfaat yang bisa diperoleh dari kerja sama antara Maluku dan Portugal, baik tukar menukar pengetahuan, pengalaman pengelolaan pembangunan, optimalisasi pengelolaan potensi daerah serta saling tukar menukar kebudayaan dalam rangka memperkaya khasanah kedua daerah,” katanya. (Sumber: kompas)

Filed Under: Indonesia Timur

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.