LSI: Pemilu Sekarang, Parpol Ini Menang

kali ciliwung dan bendera parpolLembaga Survei Indonesia (LSI) kembali merilis survei terbaru mengenai pilihan Partai Politik (Politik) jika pemilihan umum  (Pemilu) dilakukan sekarang. Hasilnya menunjukan, Partai Demokrat masih menjadi pilihan pertama masyarakat di Indonesia, meski perolehan suarannya turun dibanding hasil Pemilu 2009.

Demokrat bersaing bersama dengan sembilan Parpol yang saat ini menguasai parlemen. Dari hasil survei LSI yang digelar beberapa waktu lalu, peroleh suara masing-masing Parpol adalah Partai Demokrat meraih 18,9 persen suara, PDI-P 16,7 persen, Partai Golkar 12,5 persen, PKB 4,5 persen, PKS 4,1 persen, PPP 4 persen, Gerindra 2,9 persen, PAN 2,4 persen, dan Partai Hanura 0,9 persen.

Menurut Peneliti Utama LSI, Saiful Mujani, meski Demokrat memperoleh dukungan terbesar, tapi kecenderungan menunjukan sentimen pemilih terhadap Parpol ini menurun.

“Sentimen pemilih pada demokrat sekarang di bawah hasil pemilu 2009, dan ini tidak pernah terjadi sejak pemilu 2004,” kata Saiful Mujani saat jumpa pers pemaparan hasil survey “Pemilih mengambang dan prospek perubahan kekuatan partai politik.” Presentasi itu berlangsung di kantor LSI, Jakarta, Minggu 29 Mei 2011.

Menurut Saiful, pihaknya juga menemukan hasil survei yang menunjukan persaingan yang ketat antara Partai Demokrat dan PDI-P. Alasannya, penurunan suara yang diperoleh Partai Demokrat biasanya menyebabkan kenaikan suara di kubu PDI-P.

Kondisi yang sama terjadi jika PDI-P mengalami penurunan suara. “Itu hukum LSI,” kata Saiful.

Peluang Oposisi

Sebagai partai oposisi yang paling jelas, Saiful menilai PDI-P memperoleh tambahan dukungan bersamaan menurunnya sentimen pada Partai Demokrat. Persaingan semacam ini hanya dapat dijumpai pada kedua partai ini karena perolehan suara pada Parpol lain cenderung stagnan atau bahkan menurun.

“Golkar datar saja, belum menunjukkan tanda kehidupan. Golkar sebagai partai besar belum menunjukkan kemajuan, menyamai dan apalagi melampaui hasil pemilu 2009,” ujar Saiful.

Survei itu menunjukkan diantara sembilan partai bersaing, yang terlihat dinamis, terlepas positif atau negatif, adalah Demokrat, PDIP, PKS, dan Gerindra. Menurut dia, Sekarang anginnya sedang berada di oposisi. “Partai dalam koalisi tidak jelas dalam bersikap, kadang oposisi tapi ada didalam koalisi. Itu yang menjadikan mereka tidak di-reken,” ujarnya.

Survei LSI ini digelar dari 10 hingga 25 Mei 2011. Jumlah survei yang dijadikan sample sebanyak 1220 responden. Margin error plus minus 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (sumber: vivanews)

Filed Under: Nasional

Tags:

About the Author:

RSSComments (0)

Trackback URL

Comments are closed.

  • Quote of the Day
    Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.