Lion Air Datangkan 17 Pesawat

lion airPT Lion Mentari Airlines (Lion Air) berencana mendatangkan 17 pesawat tahun 2010 ini. Rencana tersebut untuk menjawab tantangan pertumbuhan penerbangan nasional yang diperkirakan lebih dari 20 persen.

“Proyeksi tahun 2010 ini, Lion Air mendatangkan 10 pesawat Boeing 737-900 Extended Range (ER) dan tujuh pesawat baling- baling ATR-70,” kata  Direktur Produksi Lion, Ertata Lananggalih, di Jakarta, Selasa (30/3/2010).

Dikatakannya, 10 pesawat Boeing 737-900 ER itu akan digunakan untuk memperkuat operasi Lion Air baik di rute domestik maupun regional.  Sedangkan armada ATR, lanjut Ertata, akan digunakan untuk memperkuat Wings Air menembus daerah-daerah terpencil di Indonesia.

Untuk mengoperasikan pesawat-pesawat tersebut, jelasnya, Lion juga memproyeksikan akan mendatangkan 80 pilot yang telah dilatih di sejumlah sekolah penerbangan.

Untuk Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI), Lion Air menargetkan mendapatkan 50 lulusan penerbang setiap tahun. “Sisanya kami telah minta ke sekolah-sekolah penerbangan lainnya di Indonesia,” ujar Ertata.

Ertata mengatakan, Lion masih tetap memprioritaskan pilot-pilot asal Indonesia. Karenanya maskapai ini tidak akan melakukan perekrutan pilot dari luar negeri.

Untuk Wings Air, jelasnya, anak usaha Lion ini akan dipusatkan di kota Manado. Saat ini pembangunan hanggarnya telah mencapai 40 persen. Hingga akhir tahun nanti, Wings sudah terpusat di Manado.

Pemusatan pengoperasian Wings Air di Manado itu dimaksudkan untuk mempermudah operasi penerbangan di wilayah timur Indonesia, yang hingga kini masih didominasi lapangan-lapangan udara kecil, yang belum bisa didarati pesawat bermesin jet.

“Di lapangan udara kecil ini, Wings Air dengan ATR-nya diharapkan bisa memberikan layanan ke masyarakat, sehingga bisa mempercepat laju pembangunan di daerah-daerah terpencil,” tandasnya. (sumber: pos kupang)

Related Blogs

    Filed Under: Indonesia Timur

    Tags:

    About the Author:

    RSSComments (0)

    Trackback URL

    Comments are closed.

    • Quote of the Day
      Bagaimana mau menang, jika tidak pernah masuk dalam pertempuran.